Pekanbaru

Horee ! Sepuluh Mobil Baru Trans Metro Tiba di Pekanbaru.

Kementerian Perhubungan RI memberikan 10 unit bus hibah untuk armada baru Trans Metro kepada Pemerintah Kota Pekanbaru, Selasa (4/12/2018).

Horee ! Sepuluh Mobil Baru Trans Metro Tiba di Pekanbaru.
TribunPekanbaru/Fernando Sikumbang
Bus Trans Metro hibah dari Kementerian Perhubungan tiba di Pekanbaru, Selasa (4/12/2018) 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru menerima hibah 10 unit bus untuk armada Trans Metro dari Kementrian Perhubungan RI. Bus-bus tersebut sudah diparkirkan di Halaman Kantor Wali Kota Pekanbaru, sejak Selasa (4/12/2018) sore.

Bus dengan nilai total berkisar Rp 7 Miliar ini akan berfungsi sebagai armada tambahan Trans Metro Pekanbaru. Rencananya bus Isuzu ini melayani Koridor 4 yakni rute Ramayana, Jalan Jendral Sudirman dan Tenayan Raya.

"Ada sepuluh unit bus hibah dari Kementrian Perhubungan RI tahun 2018. Satu bus nilainya sekitar Rp 700 juta," terang Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Kendi Harahap kepada tribunpekanbaru.com , Rabu (5/12/2018).

Menurutnya, bus berwarna biru ini adalah jenis bus sedang. Sepuluh unit bus ini akan mengantikan sejumlah bus Trans Metro Pekanbaru yang ukuran besar.

Kendi mengatakan bahwa sejumlah koridor Trans Metro Pekanbaru butuh bus ukuran sedang.

"Nantinya bus ini bisa memuat 35 orang penumpang," paparnya.

Bus Rusak
Saat ini ada 95 unit bus Trans Metro Pekanbaru. 75 di antaranya beroperasi melayani koridor yang ada. Ada 13 koridor yang dilayani oleh Trans Metro Pekanbaru.

20 unit bus lagi hanya disiagakan. Sayangnya dari 20 unit bus yang siaga, ada delapan unit bus yang rusak.

"Jadi yang siaga itu cuma 12 yang bisa jalan. Delapan unit lagi rusak," papar Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Kendi Harahap kepada Tribun, Rabu (5/12/2018).

Menurutnya, delapan unit bus yang rusak ini segera terganti dengan datangnya sepuluh bus hibah dari Kementrian Perhubungan RI.

Bus ini juga bisa mengurangi jarak tunggu antar bus yang melayani para penumpang. Para penumpang nantinya tidak menanti lama.

Walau demikian, sepuluh bus baru belum dapat beroperasi dalam waktu dekat. Bus itu baru bisa beroperasi pada Februari 2019 mendatang. Sebab plat nomor polisi kesepuluh bus ini dalam kepengurusan.(fer)

Penulis: Fernando
Editor: rinalsagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved