Berita Riau

Pemprov Riau Optimis Capai Target SDGs 75 Persen

Provinsi Riau adalah provinsi pertama yang telah menetapkan RAD TPB SDGs Provinsi Riau Tahun 2017-2019

Pemprov Riau Optimis Capai Target SDGs 75 Persen
tribunpekanbaru/syaifulmisgio
Jadi Provinsi Terdepan, Pemprov Riau Optimis Capai Target SDGs 75 Persen 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Provinsi Riau menjadi salah satu provinsi yang terdepan dalam menunjukkan komitmen terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (TPB/SDGS).

Provinsi Riau adalah provinsi pertama yang telah menetapkan RAD TPB SDGs Provinsi Riau Tahun 2017-2019 melalui Peraturan Gubernur Riau No 33 tahun 2018 tanggal 5 Juni 2018.

"Perlu untuk melakukan upaya percepatan pencapaian sasaran target SDGs. Pemerinlah kabupaten/kota masih tetap perlu melakukan pematauan dan evaluasi dalam pelaksanaan TPB SDGs," kata Tenaga Ahli Utama Deputi II Kantor Staf Presiden Abetnego Tarigan di sela kegiatan forum komunikasi daerah di hotel Premiere, Kamis (6/12/2018).

Untuk itu, diperlukan kelengkapan data, indikator TPB SDGs sebagai turunan aplikatif dari RAD Pemerintah Provinsi Riau dan juga penyusunan program daerah yang selaras dengan RAD, RPJMD, dan RPJMN untuk semakin disesuaikan dengan TPB/SDGs.

Baca: Tokoh Melayu Syarwan Hamid Sebut Alasan LAM Riau Beri Gelar Adat ke Presiden RI Jokowi Mengada-ada

Baca: Penanganan Korupsi Tahun 2018 di Riau, Rp 16 Milyar Uang Negara Diselamatkan

"Capaian pelaksanaan program-program daerah dengan langkah pendekatan yang komprehensif, holistik dan progresif merupakan target utama dari pengimegrasian tersebut," ujarnya.

Selain itu, pemantauan dan evaluasi tersebut tidak hanya meliputi pemerintah daerah, namun juga pemangku kepentingan lainnya dengan membangun Sistem self-voluntary sebagai bemuk komitmen dalam pelaporan pencapaian program TPB SDGs di kalangan pemangku kepentingan non pemerintah.

Sementara Kepala Bappeda Riau Rahmad Rahim mengatakan, Pemprov Riau mengupayakan program kerja pada rencana pembangunan jangka menengah daerah atau RPJMD 2019-2024 mendatang, bisa mencapai 75 persen dari target sustainable development goals(SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

Meskipun diakuinya, untuk mencapai target 75 persen dari tujuan pembangunan berkelanjutan, perlu upaya bersama dari lintas sektoral. Selain itu, pihaknya meminta kepada pemerintah pusat, khususnya dari Bappenas, Kantor Staf Presiden, dan yang terkait lainnya agar menyiapkan regulasi pendukung.

Baca: 18 Warga Australia Tinggal 21 Hari di Pedalaman Riau, Belajar Budaya Melayu

Baca: Besok Jadwal Ujian SKB CPNS Pemprov Riau, 2 Benda Ini Boleh Dibawa Peserta ke Ruang Ujian

"Kami harapkan dan minta kepada pemerintah, dari KSP misalnya untuk siapkan regulasi karena untuk mencapai hal ini perlu dukungan dari swasta dan filantropi," katanya. (*)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved