Padang

Wapres Jusuf Kalla Tegaskan KKB yang Bunuh 19 Pekerja Trans Papua Harus Ditangkap

Insiden di Distrik Yigi, sebutnya, sama sekali tidak menyurutkan niat Pemerintah untuk tetap melanjutkan pembangunan Jalan Trans di Papua

Wapres Jusuf Kalla Tegaskan KKB yang Bunuh 19 Pekerja Trans Papua Harus Ditangkap
tribunpekanbaru/rikisuardi
Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, melakukan lawatan ke Kota Padang dalam rangka meresmikan pembukaan Kongres Persatuan Insinyur Indonesia (PPI) ke- XXI yang digelar di Grand Inna Hotel mulai dari 6-7 Desember 2018. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PADANG - Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, melakukan lawatan ke Kota Padang dalam rangka meresmikan pembukaan Kongres Persatuan Insinyur Indonesia (PPI) ke- XXI yang digelar di Grand Inna Hotel mulai dari 6-7 Desember 2018.

Usai meresmikan pembukaan Kongres PPI, kepada wartawan, Jusuf Kalla, menegaskan bahwa Organisasi Papua Merdeka atau Kelompok Teroris Tamkin Papua yang merupakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) harus segera ditangkap.

"Aksi teror yang dilakukan KKB hingga membunuh 19 orang pekerja Trans Papua di Distrik Yigi, Kabupetan Nduga, dan satu Anggota TNI, harus segera ditangkap. Saat ini, polisi dan tentara akan selesaikan itu. Harus ditangkap mereka," kata JK di Padang, Kamis (6/12/2018).

Baca: Upaya Tim Evakuasi Jemput Jasad Karyawan di Puncak Kabo Papua Dapat Perlawanan Sengit KKB

Baca: Butuh 2 Jam, Ini Kisah Pasukan TNI Merebut Puncak Kabo Untuk Mengevakuasi Korban Keganasan KKB Papua

Baca: Kisah Tragis Putra Miliarder AS, Hilang di Belantara Papua, Pas Ketemu Cuma Tersisa Potongan Kaki

Insiden di Distrik Yigi, sebutnya, sama sekali tidak menyurutkan niat Pemerintah untuk tetap melanjutkan pembangunan Jalan Trans di Papua.

Kemudian khusus untuk para korban dari KKB, Pemerintah sangat menghargai mereka sebagai pahlawan pembangunan.

"Kita berduka dan sangat menghargai korban sebagai pahlawan pembangunan. Proyek pembaangunan, ternasuk Jalan Trans Papua jalan terus. Langkah kita gak akan surut untuk membangun insfrastruktur di Papua," ujar Kalla.

Sebelumnya, sebanyak puluhan pekerja Trans Papua yang saat ini bekerja untuk membuka isolasi di wilayah pegunungan tengah, tewas diserang oleh KKB di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Minggu (2/12/2018).

Menurut informasi dari berbagai sumber, para pekerja pembangunan jembatan itu diduga dibunuh lantaran mengambil foto pada saat perayaan HUT Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM) oleh KKB tak jauh dari lokasi kejadian. (*)

Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved