Pekanbaru

Data ODGJ, Pihak KPU Kemungkinan Akan Adakan TPS di RSJ Tampan

KPU Kota Pekanbaru bersama Bawaslu Kota Pekanbaru mendatangi Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, Pekanbaru

Data ODGJ, Pihak KPU Kemungkinan Akan Adakan TPS di RSJ Tampan
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Komisioner KPU Kota Pekanbaru, Dedi Iskamto (kiri) bersama Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Pekanbaru, Rizqi Abadi dan Direktur RSJ Tampan, Haznelli Juita saat mengunjungi RSJ Tampan, pekanbaru, Jumat (7/12/2018). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY) 

Laporan Fotografer Tribunpekanbaru.com, Theo Rizky

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dalam melakukan verifikasi data warga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), KPU Kota Pekanbaru bersama Bawaslu Kota Pekanbaru mendatangi Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, Pekanbaru, Jumat (7/12/2018).

Menurut Komisioner KPU Kota Pekanbaru, Dedi Iskamto kepada Tribunpekanbaru.com, kunjungan tersebut dilakukan untuk mengetahui berapa jumlah ODGJ di RSJ itu.

"Berdasarkan SK KPU RI, kita akan mendata siapa-siapa saja yang berhak memilih untuk Pemilu mendatang, mungkin ada beberapa orang yang kemarin terluput dalam daftar pemilih, maka kita sekarang mencari betul siapa yang bisa memilih," ujar Dedi.

Baca: Hutan Cagar Biosfer di Giam Siak Kecil Dirambah Jadi Kebun Sawit, Satu Oknum Pecatan TNI Diamankan

Dijelaskannya, ODGJ bisa bermacam-macam, di antaranya ada yang mempunyai hak memilih.

"Nah kita ingin mendata berapa sih jumlahnya, sekaligus ingin mengetahui, jika kemungkinannya banyak, mungkin akan diadakan TPS tersendiri," ujar Dedi.

Sehingga para pasien bisa melakukan pemilihan di RSJ tersebut.

Masih menurut Dedi, yang berhak memilih adalah orang yang mengalami gangguan jiwa ringan.

"Jadi kalau yang berat dan masih butuh perawatan dokter, mereka tidak berhak memilih karena masih dalam pengawasan dokter. Nah yang sudah dinyatakan dokter itu sehat atau bisa melaksanakan aktifitas sehari-hari itu berhak memilih, walaupun mereka masih berada di sini. Jadi yang berada di sini itu belum tentu berat. Ada juga yang sudah ringan dan sudah berhak hidup seperti manusia normal. Tapi mereka masih ada disini untuk penyesuaian," jelasnya.

Baca: Resep Tumis Tauge Kucai, Masakan Rumahan Bikin Makan Siang Jadi Sedaaapp!

Dilanjutkannya, untuk pasien RSJ yang berasal dari daerah dan tengah dirawat jalan, akan didata dan diserahkan ke TPS tempat pasien berasal.

Halaman
12
Penulis: TheoRizky
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved