Kampar

Elevasi Waduk Terus Naik, PLTA Koto Panjang Tambah Bukaan Pintu

Hari ini Manajemen PLTA Koto Panjang melakukan dua kali penambagan bukaan pintu pelimpahan, Jumat.

Elevasi Waduk Terus Naik, PLTA Koto Panjang Tambah Bukaan Pintu
DOk.PLTA Koto Panjang
ILUSTRASI - Elevasi waduk PLTA Koto Panjang terus mengalami kenaikan 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Ikhwanul Rubby

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR  - Hari ini Manajemen PLTA Koto Panjang melakukan dua kali penambagan bukaan pintu pelimpahan, Jumat (7/12/2018).

Pukul 08.00 WIB pagi tadi manajemen PLTA Koto Panjang melakukan penambahan bukaan pintu pelimpahan dari sebelumnya 3 pintu menjadi 5 pintu dibuka dengan ketinggian 50 centimeter.

Manajer Unit Layanan PLTA Koto Panjang, Muhammad Rusdi mengatakan sejak di bukanya kembali pintu pelimpah pada hari Rabu lalu dengan tingkat elevasi 83,17 mDPL, pada pagi ini pukul 06.00 WIB elevasi waduk PLTA Koto Panjang terbaca 84,20 mDPL dengan inflow 1420 meter kubik perdetik," ucapnya.

Baca: Pemkab Kampar Akan Bangun Jalur Pembuangan Air Baru Cegah Banjir Bangkinang

Sementara Outflow turbin 349 meter kubik perdetik pada 3 unit turbin 38 MW dan Outflow pintu pelimpah 3 pintu dengan bukaan 30 centimeter sebesar 160 meter kubik perdetik.

"Kenaikan elevasi yang sangat signifikan ini bermula dari hari Kamis pukul 20.00 WIB sampai pagi ini," katanya.

Setelah pagi tadi PLTA Koto Panjang melakukan penambahan buka dan penambahan tinggi buka pintu pelimpah menjadi 5 pintu x 50 cm.

Siang ini terpantau elevasi terus mengalami kenaikan, elevasi waduk PLTA Koto Panjang pada pukul 12.00 WIB terbaca 84,55 mDPL dengan inflow 1680 meter kubik perdetik, Outflow turbin 349 meter kubik perdetik dan Outflow pintu pelimpah 403 meter kubik perdetik.

Untuk itu pihak Manajemen PLTA Koto Panjang memutuskan untuk kembali menambah tinggi buka pintu pelimpah pada pukul 15.00 WIB siang ini.

"Dengan di tambahnya bukaan pintu dan tinggi buka dan pintu pelimpah, maka outflow pintu pelimpah sebesar 559 meter kubik perdetik dan di tambah outflow turbin sebesar 349 meter kubik perdetik dengan total outflow 908 meter kubik perdetik akan berdampak naiknya tinggi muka air sungai kampar antara 40 - 60 cm dari saat sekarang.

Baca: Live Streaming Piala Indonesia Nabil FC Vs Semen Padang Pukul 15.00 WIB

"Kita menghimbau masyarakat yang beraktifitas dan bertempat tinggal di sepanjang aliran sungai kampar untuk lebih berhati hati dengan naiknya dan derasnya aliran sungai.

Demikian di sampaikan atas perhatian dan kerjasamanya kami Manajemen Unit Layanan PLTA Koto Panjang mengucapkan terimakasih. (*)

Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved