INFO KESEHATAN

Jika Anda Mengalami 8 Gejala Berikut, Jangan Sepelekan! Kanker Pankreas Mengintai Anda

Kanker pankreas adalah salah satu penyebab utama kematian. Menurut statistik, hanya 8% orang yang selamat 5 tahun setelah diagnosis.

Jika Anda Mengalami 8 Gejala Berikut, Jangan Sepelekan! Kanker Pankreas Mengintai Anda
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Akhir-akhir ini, berbagai penyakit yang tak biasa didengar sebelum ini, kian hari semakin marak muncul dan diderita banyak orang, dintaranya kanker pankreas.

Kanker pankreas adalah salah satu penyebab utama kematian.

Menurut statistik, hanya 8% orang yang selamat 5 tahun setelah diagnosis.

Penyebabnya adalah kanker pankreas sulit dideteksi pada tahap awal karena gejalanya tidak spesifik. Oleh karena itu, memahami dan mengenali tanda-tanda awal penyakit ini sangat diperlukan.

Terkait penyakit itu, ada berbagai faktor munculnya, di antaranya pola hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak seimbang.

Akibatnya, penyakit pankreas semakin sering dan dialami oleh masyarakat.

Sayangnya, karena kurangnya ilmu, banyak dari kita tidak menyadari bahwa sedang mengidap penyakit tersebut hingga ia sudah terlambat untuk diobati.

Jika 8 tanda-tanda ini muncul, jangan abaikan karena Anda mungkin menderita kanker pankreas. Adapun tanda-tanda tersebut, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber yakni:

1. Jaundice atau penyakit kuning

"Jaundice adalah gejala yang paling jelas bagi Anda untuk menderita kanker pankreas," kata Dr. Christopher DiMaio, seorang Gastroenterolog dari Rumah Sakit Mout Sinai, New York.

 

Ilustrasi
Ilustrasi (bintang.com)

"Biasanya pasien tidak merasa apa-apa ketika mereka menderita jaundice hingga saat ketika mereka menyadari mata mereka menjadi kuning saat ke dokter, sebelum disahkan mengidap penyakit kanker ini," katanya lagi.

Kanker yang terjadi di bagian awal pankreas dapat menyebabkan terjadi hambatan pada saluran empedu, sehingga mencegah cairan empedu dari masuk ke dalam usus.

Halaman
1234
Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved