Berita Riau

VIDEO: 4 Pelaku Diduga Perambah Kawasan Hutan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Diamankan

mpat orang yang diduga pelaku perambahan Kawasan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil diamankan oleh Tim Gabungan 'Jaga Bumi' .

Laporan videografer www.tribunpekanbaru.com, Aan Ramdani

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Empat orang yang diduga pelaku perambahan Kawasan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil diamankan oleh Tim Gabungan  'Jaga Bumi' yang terdiri dari jajaran Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Polri dan TNI, Kamis (6/12/2018) di Kawasan Giam Siak Kecil, Desa Bukit Kerikil, Kecamatan Bandar Laksamana / Bukit Kerikil, Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau.

Dari tangan 4 orang yang saat ini masih berstatus sebagai saksi ini diamankan barang bukti berupa tiga unit alat berat berupa ekskavator atau mesin pengeruk.

4 orang yang masih berstatus saksi tersebut masing-masing berinisial S
S (50) sebagai penggarah dan pemodal, AH (32) operator ekskavator, M (41) bertugas menanam sawit dan W (19) berperan sebagai kernet alat berat.

Baca: VIDEO : Mantan Anggota TNI Perambah Hutan Giam Siak Kecil Ditangkap Tim Gabungan

Baca: VIDEO: Demonstrran Bentrok dengan Polisi di Jalan Gajah Mada Pekanbaru, Ternyata Ini yang Terjadi

Baca: D.O EXO Ungkap Pengalaman Traumatis, Trauma Itu Masih Dirasakan , Ia sampai Berkeringat

"Dugaan kuat alat berat ini digunakan dalam rangka membuka kawasan hutan di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Kabupaten Bengkalis yang berdasarkan fakta di lapangan, kuat dugaan kami untuk perkebunan kelapa sawit," jelas Kepala Seksi Gakkum Sumatera Wilayah II Sumatera, Eduward Hutapea kepada www.tribunpekanbaru.com, Jumat (7/12/2018).

Menurutnya, dugaan tersebut diperkuat dengan ditemukanya ratusan bibit sawit siap tanam yang ditemukan di lokasi.

Ditambahkan pria yang akrab disapa Edo ini luasan wilayah yang dirambah tersebut belum dilakukan pengukuran.Namun, diperkirakan sudah 200 hektar yang siap ditanami sawit.

Dari keterangan yang telah dihimpun secara informal bahwa direncanakan hutan yang akan dirambah dan dijadikan kebun kelapa sawit tersebut sekitar 3.000 hektare.

Baca: Intip Foto-foto Prewedding Lindswell Kwok & Achmad Hulaefi, Pernikahan Digelar Besok!

Baca: Warga Indonesia Masuk dalam 50 Orang Paling Menginspirasi di Dunia Tahun 2018, Ini Orangnya

Baca: Akibat Bau Menyengat Pengunjung Kelab Malam Panik, 6 Orang Tewas Terinjak-injak


"Kita belum ukur secara pasti dan ini akan menjadi bagian pekerjaan kita untuk oleh TKP (Tempat Kejadian Perkara). Tapi perkiraan kita kurang lebih 200 hektare yang sudah dibuka dan sebagian sudah ada yang dutanam dan sebagian lagi sudah siap untuk ditanam," katanya.

Lebih jauh dipaparkanya, saat ini empat orang saksi yang ditahan tersebut masih menjalani pemeriksanaan. Melihat bukti yang didapat sudah kuat maka, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat akan naik statusnya menjadi tersangka.

Halaman
12
Editor: Aan Ramdani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved