Berita Riau

KPU Riau Lakukan Penyempurnaan DPT Pekan Ini

Komisi KPU Riau bersama KPU Kabupaten/Kota se-Riau akan melakukan penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pekan ini.

KPU Riau Lakukan Penyempurnaan DPT Pekan Ini
Tribun Pekanbaru/Nasuha Nasution
Komisioner KPU memberikan keterangan kepada pers 

Laporan wartawan tribunpekanbaru.com Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau bersama KPU Kabupaten/Kota se-Riau akan melakukan penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pekan ini.

Sebagaimana diketahui 15 Desember mendatang Pleno penetapan DPT dilakukan secara nasional.

"Untuk data pemilih tetap pemilu 2019 khusus di Provinsi Riau sudah ketiga kalinya pleno penetapan daftar pemilih tetap, selanjutnya akan dilakukan lagi Pleno penetapan,"ujar Ketua KPU Riau Nurhamin kepada Tribun Minggu (9/12).

Pleno yang dilakukan ini untuk perbaikan DPT sebagai tindaklanjut adanya data ganda dimana secara nasional ada 31 juta sedangkan di Riau ada 923 ribu kemudian tindaklanjut data valid.

Baca: LINK STREAMING Huesca Vs Real Madrid, Live BeinSport 2, Cara Mudah Nonton Lewat Hape

Proses penyempurnaan data pemilih pemilu 2019 akan berakhir 10 Desember 2018.

"Khusus untuk Riau, yang belum progres 100% yaitu ada di kota Pekanbaru, inhil dan kampar. Ada bebeapa kecamatan yang belum sinkron seperti inhil dan Rohil, "jelas Nurhamin.

Untuk saat ini sesuai Pleno DPT terakhir total keseluruhan DPT untuk Riau per-tanggal 15 november 2018 adalah 3.868.380.

"Akan bertambah lagi tentunya pada saat rapat Pleno selanjutnya 12 Desember nanti, "jelas Nurhamin.

Apalagi masih akan ada juga DPT tambahan bagi pemilih khusus baik itu pemilih di Rutan, Lapas, Rumah Sakit, Rumah Sakit Jiwa dan Panti Sosial lainnya. DPT tambahan ini masih bisa dimasukkan 30 hari menjelang hari H pemilihan.

"Sebagaimana diketahui KPU RI buat edaran penekanannya menjamin hak pemilih di rutan lapas, rumah sakit RSJ. Sehingga kita didaerah diminta untuk dapat menyusun dan mendata yang bisa menjadi pemilih tambahan berdasarkan DPT perbaikan 1, "jelas Nurhamin.

Kemudian KPU juga harus membuat TPS di lokasi itu untuk menyampaikan hak suara mereka, guna menjamin hak pilih warga.

Baca: Cara Gunakan Google Go: Aplikasi Pembaca Berita, Tinggal Duduk dan Dengerin

Sedangkan untuk jumlah TPS sendiri di Riau pada Pemilu 2019 jumlahnya meningkat 51 persen karena adanya aturan baru dalam tata cara pendirian Tempat Pemungutan Suara.

"Jumlah TPS pada pemilu 17.612 memang ada penambahan hampir 51 persen ini disebabkan adanya aturan baru pengaturan jarak pendirian TPS," jelas Nurhamin. (*)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved