Pekanbaru

VIDEO : Menyalahi Aturan, Panwascam Tertibkan 150 APK Caleg di Kecamatan Limapuluh Pekanbaru

Kegiatan penertiban itu dilakukan oleh timnya berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum.

Laporan Theo Rizky

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Limapuluh Kota Pekanbaru menggelar penertiban alat peraga kampanye yang tidak sesuai ketentuan diwilayah kerjanya, Jumat (7/12/2018).

Kegiatan pertiban pada hari ketiga itu telah mengumpulkan sekitar 150 APK dari berbagai kelurahan di kecamatan tersebut.

Disampaikan Ketua Panwascam Kecamatan Limapuluh, Bambang Irawan, Kegiatan penertiban itu dilakukan oleh timnya berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum.

Baca: Kerap Dibully, Edy Rahmayadi Kena Semprot dari Sang Anak Ayah Sudahlah

"baru-baru ini kita juga menerima surat edaran dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, nomor 1990 tahun 2018, tentang metode pengawasan kampanye Pemilu 2019, disitu menjelaskan bahwa pengawas pemilu melakukan pengawasan dan penindakan terhadap alat peraga kampanye yang melanggar estetika lingkungan atau tidak susai izin sebagaimana yang diatur dalam peraturan perundang-undangan," kata Bambang.

Menurut Bambang, APK yang paling banyak ditertibkan adalah berbentuk poster berukuran 40x60 cm yang ditertibkan dari pohon, tiang listrik dan taman-taman.

Baca: LIVE Persipura Jayapura vs Perseru Serui Kick Off 15.30 WIB, Perseru Butuh Menang!

"pengawasan dan penindakan yang kita lakukan ini tetap dilakukan hingga masa kampanye berakhir," katanya.

Dia mengingatkan pada para calon legislatif tetap memperhatikan estetika lingkungan dalam memasang APK, seperti tidak memasang di pohon-pohon, tiang listrik, tempat ibadah, taman dan billboard berbayar.

"Setelah ditertibkan, lalu akan diinventarisir, secara akumulatif akan dihitung jumlah yang ditertibkan dan dilaporkan secara berkala kepada Bawaslu Kota Pekanbaru dan disampaikan ke ruang publik," lanjut Bambang.

Penulis: TheoRizky
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved