Rokan Hulu

BREAKING NEWS: Masyarakat Suku Caniago Kota Lama Demo Tuntut  PT SJI Coy Kembalikan Tanah‎ Adat 

Ratusan hektar tanah masyarakat adat di Divisi A diakui masyarakat telah dijadikan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. SJI Coy, perumahan dan areal kebun

BREAKING NEWS: Masyarakat Suku Caniago Kota Lama Demo Tuntut  PT SJI Coy Kembalikan Tanah‎ Adat 
tribunpekanbaru/doniputra
Masyarakat Suku Caniago Kota Lama Demo Tuntut  PT SJI Coy Kembalikan Tanah‎ Adat  

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Masyarakat adat suku Caniago Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar aksi demo di depan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. SJI Kotalama,‎ Senin (10/12/2018).

Pada aksi demo yang dikawal ketat belasan polisi dari Polsek Kunto Darussalam tersebut, masyarakat adat menuntut manajemen PT. SJI Coy menyerahkan kembali tanah‎ adat suku Caniago Kelurahan Kotalama seluas sekira 625 hektar di Divisi A.

Ratusan hektar tanah masyarakat adat di Divisi A tersebut, diakui masyarakat saat ini telah dijadikan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. SJI Coy, perumahan karyawan, dan areal kebun perusahaan.

Masyarakat klaim, ratusan hektar tanah tersebut adalah milik masyarakat adat suku Caniago, dan merupakan peninggalan dari Kerajaan Kunto Darussalam.

Baca: VIDEO: Harga Sawit dan Karet Anjlok, Mahasiswa Kirim Karangan Bunga pada DPRD Riau

Baca: IMM Pekanbaru Segel Ruang Rektor Umri, Tuntut PP Muhammadiyah Tanfidzkan Hasil Rekomendasi Muspimwil

Tanah ini sudah dikuasai oleh perusahaan sekira 30 tahun silam.

Masyarakat adat suku Caniago mengaku mereka tidak pernah mengganggu perusahaan selama ini, namun manajemen PT. SJI Coy dinilai tidak berkomitmen duduk bersama dengan masyarakat adat.

"Ini adalah tanah kami, ini hak kami, tanah leluhur kami, tanah nenek moyang kami, dan tanah adat Kerajaan Kunto Darussalam untuk pertanahan dan kehidupan anak cucunya di Kunto Darussalam," kata Panglima Hery dalam orasinya di depan pintu masuk PKS PT. SJI Coy.

Hery menambahkan, ‎ada lima pernyataan sikap masyarakat adat suku Caniago disampaikan di aksi kali ini.

Pertama, mendesak PT. SJI Coy Kotalama mengembalikan tanah masyarakat adat suku Caniago Kota Lama, dan mengukur ulang kembali luas lahan HGU PT. SJI Coy dengan ketetapan pemerintah.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved