Opini

Riau Menyongsong Era Bonus

Bonus tersebut perlu diciptakan dan diupayakan oleh generasi Riau agar tidak berbalik arah menyerang menjadi bencana demografi.

Riau Menyongsong Era Bonus
ist
Nelayesiana Bachtiar 

CITIZEN JOURNALISM

Ditulis oleh: Nelayesiana Bachtiar

Transisi demografi yang sangat menguntungkan akan segera dirasakan bangsa Indonesia, menurut hasil proyeksi Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia akan memasuki era baru pada tahun 2020 – 2035 akan menjadi era baru Indonesia, saat penduduk usia produktif (15-64) tahun mengalami jumlah terbesar dibanding dengan jumlah penduduk usia non-produktif (di bawah 15 tahun dan di atas 65 tahun).

Kondisi lebih besarnya jumlah penduduk produktif ini disebut sebagai bonus demografi. Pada keadaan seperti ini tentunya menjadi harapan bagi Indonesia untuk memajukan kesejahteraan terkhususnya bagi Riau.

Periode ini disebut sebagai bonus dikarenakan ini adalah periode ketika seharusnya beban kebergantungan penduduk dirasa paling ringan, 2 atau 3 penduduk yang bekerja akan menanggung satu orang yang tidak bekerja.

Bonus tersebut perlu diciptakan dan diupayakan oleh generasi Riau agar tidak berbalik arah menyerang menjadi bencana demografi.

Kenyataannya, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk mewujudkannya, telah sanggupkah generasi muda Riau memikul tanggung jawab pembangunan Riau kedepannya? Generasi muda adalah bagian dari penduduk usia produktif, bagian yang menjadi tulang punggung.

Sehingga bagaimana agar periode ini benar-benar menjadi momen yang bermanfaat bagi Riau, tentunya bergantung pada kualitas penduduk usia produktif termasuk kualitas generasi muda  Riau.

Akankah generasi Z atau milenial Riau yang menjadi garda terdepan pembangunan Riau, atau justru berbalik arah?

Milenial dan Z Riau

Halaman
1234
Editor: Muhammad Ridho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved