Dumai

KSOP Dumai Lakukan Uji Kelaikan Kapal Penumpang Jelang Natal dan Tahun Baru 2019

Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dumai lakukan uji kelaikan kapal penumpang jelang Natal dan Tahun Baru 2019

KSOP Dumai Lakukan Uji Kelaikan Kapal Penumpang Jelang Natal dan Tahun Baru 2019
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi
Sosmed Tribun Pekanbaru 

KSOP Dumai Lakukan Uji Kelaikan Kapal Penumpang Jelang Natal dan Tahun Baru 2019

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Syahrul Ramadhan

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dumai lakukan uji kelaikan kapal penumpang jelang Natal dan Tahun Baru 2019.

Jelang Natal 2018 dan tahun baru 2019, KSOP Dumai lakukan uji petik kapal penumpang.

Baca: 12 Tahun Tanpa Banjir, Tahun Ini Banjir Rendam Kelurahan Kerinci Timur, Pertanda Apakah Ini?

Baca: Artis Asal Pekanbaru Go Internasional, Pukau Penonton 4th Malacca Strait Jazz 2018 Road to 2019

Uji petik bertujuan guna memastikan kelaikan kapal penumpang atau armada angkutan laut yang digunakan mengangkut pemudik dari dan menuju kampung halaman di Dumai.

Kepala KSOP Dumai Sanggam Marihot melalui Kasi Keselamatan Berlayar Yuzirwan mengatakan, pelaksanaan uji kelaiklautan kapal penumpang tersebut dilakukan sesuai dengan instruksi dirjen Laut Nomer UM 008/84/3/DJPL-2018 tentang Pemeriksaan Kelaiklautan Kapal Penumpang dalam rangka Angkutan Natal 2018 dan tahun baru 2019.

"Instruksi ini ditujukan kepada seluruh kepala Kantor Kesyahbandaran Utama, Kepala Kantor Pelabuhan Batam, KSOP dan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP)," katanya pada Senin (17/12/2018).

Dilanjutkannya, setelah melakukan uji kelayakan penumpang, petugas akan menuangkan hasilnya secara tertulis dalam bentuk laporan lengkap.

"Petugas membuat laporan dengan mengisi nomor registrasi kapal, nama Marine Inspector, penanggungjawab serta catatan pemeriksaan yang harus ditindaklanjut," paparnya.

Pemeriksaan kelaiklautan kapal saat ini menjadi prioritas bagi Kemenhub dalam mempersiapkan penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru.

"Kegiatan ini dilakukan agar masing-masing kapal memenuhi aspek standar kelaiklautan kapal dan keselamayan pelayarannya terpenuhi," sampainya.

"Dengan demikian, prosedur standar keselamatan sebelum berlayar sudah bisa dipenuhi dan kenyamanan penumpang menjadi hal utama," tandasnya. (*)

Penulis: Syahrul
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved