Berita Riau

Gubri Akan Lantik Ratusan Pejabat Fungsional, Dua di Antaranya Adalah Eselon II

Wan Thamrin Hasyim dipastikan akan melantik sejumlah pejabat dilingkungan Pemprov Riau.

Gubri Akan Lantik Ratusan Pejabat Fungsional, Dua di Antaranya Adalah Eselon II
Internet
Ilustrasi 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Belum genap sebulan dilantik sebagai Gubenur Riau (Gubri), Wan Thamrin Hasyim dipastikan akan melantik sejumlah pejabat dilingkungan Pemprov Riau.

Informasi yang Tribunpekanbaru.com dapatkan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, jika tidak ada aral melintang, Gubri akan melantik ratusan pejabat fungsional, Rabu (26/12/2018) mendatang.

Kepala BKD Riau, Ihwan Ridwan, akhir pekan lalu mengungkapkan, ada ratusan pejabat fungsional yang dijadwalkan akan lantik. Namun Ridwan tidak menjelaskan secara rinci berapa jumlah pastinya.

Baca: Update Korban Tsunami Banten, 29 Karyawan PLN Meninggal Tewas, 13 Masih Hilang

Dari ratusan ASN yang akan dilantik tersebut dua diantaranya pejabat eselon II, yakni Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Riau Rahmad Rahim, dan Kepala Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Riau, Askardia Patrianov yang sebelumnya sudah mengajukan menejadi pejabat fungsional ke BKD. Kemudian selebihnya adalah pejabat eselon III, IV dan staf biasa.

"Iya, rencana Rabu besok ada pelantikan pejabat fungsional. Pejabat eselon III, IV dan staf biasa. Eselon II ada juga, tapi hanya dua orang saja,"katanya.

Namun jadwal tersebut, lanjut Ikhwan, masih bersifat tentatif, sehingga bisa saja nanti ada perubahan. Sebab pihaknya masih menunggu arahan Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim untuk mencocoknya jadwalnya.

"Tapi tanggal 26 itu belum pasti. Karena pak Gubernur ada undangan di Jakarta, namun rencana awalnya seperti itu," katanya.

Ikhwan mengakui jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov yang mengajukan diri untuk pindah dari struktural menjadi fungsional sangat banyak.

Bahkan dari ratusan itu juga ada beberapa nama pejabat eselon, diantaranya dua pejabat eselon II Pemprov dan empat pejabat eselon III dan puluhan pejabat eselon IV.

Baca: Besok Sore, Ratusan Personel Kepolisian Mulai Kawal Ibadat Natal di Pekanbaru

Sementara saat disinggung terkait adanya sejumlah ASN yang memilih menjadi pejabat fungsional dari pada jabatan struktural, Ikhwan mengklaim, pejabat fungsional lebih cepat naik pangkat.

"Selain cepat naik pangkat, usia pensiunnya bisa tambah, misalnya 58 tahun bisa 60 tahun. Kita hanya membuat SK saja, disetujui atau tidak itukan tergantung OPD-nya," ujarnya.

Sebelumnya, Wan Thamrin Hasyim yang saat itu masih menjabat Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau, melantik sebanyak 112 pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Senin (15/10) lalu. (*)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved