Rokan Hulu

Disperindag Rohul Siap Layani Metrologi Legal di Awal 2019

Kadisperindag Rohul mengungkapkan, awal Januari 2019 mendatang, pihaknya telah melayani tera dan tera ulang menggunakan alat UTTP.

Disperindag Rohul Siap Layani Metrologi Legal di Awal 2019
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Kadis Perindag Rohul, Sariaman 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

‎TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Sariaman mengungkapkan, awal Januari 2019 mendatang, pihaknya telah melayani tera dan tera ulang menggunakan alat Ukur Takar Tambang dan Perlengkapannya (UTTP) di Kantor Disperindag Rohul.

‎"Dalam artian, Disperindag Rohul dalam melakukan tera dan tera ulang ‎timbangan, tidak lagi mendatangkan petugas UPTD Metrologi Pekanbaru," katanya, Jumat (28/12/2018).

Ia menambahkan, sarena selain Kabupaten Rohul telah mendapatkan Sertifikat Metrologi Legal dari Menteri Perdagangan RI, juga telah menyiapkan untuk tenaga ahli, masing masing 3 orang tenaga tera dan 3 orang Tenaga Pengamat Tera.

Baca: VIDEO: Jadwal Live Liga Italia Empoli vs Inter Milan Pekan ke-19, Sabtu Pukul 21.00 WIB

Sariaman ‎ menjelaskan, untuk layanan bidang metrologi legal terhitung pada Januari 2019, pihaknya telah mandiri dan siap melayani tera dan tera ulang alat UTTP di Rohul.

Menurutnya, dilaksanakannya pelayanan Metrologi Legal ini, ‎berdasarkan Undang-undang nomor 23 tahun 2014, bahwasanya pengelolaan tera timbangan yang sebelumnya kewenangan provinsi telah diserahkan ke kabupaten/kota untuk melakukan UTTP.

‎"Persyaratan pendirian Bidang Metrologi Legal ‎ini, telah dilengkapi dan telah dinilai kelayakannya oleh Pusat," terangnya.

Hal tersebut, tambahnya, dengan dibuktikan telah diterimanya Sertifikat Metrologi Legal dari Mendag RI baru baru ini. Karena sebanyak 6 tenaga teknis tera dan tera ulang dari Disperindag Rohul telah mengikuti Diklat Pusat Pengembangan Sumberdaya Kemetrologian Bandung.

"Insya Allah, pada Januari 2019 mendatang, Disperindag Rohul akan ‎melayani pelayanan tera dan tera ulang menggunakan alat UTTP di Kantor Disperindag Rohul. Selama ini, pelayanan metrologi legal, kita bekerjasama dengan UPTD Metrologi Legal Pekanbaru. Kerjasama yang telah dilakukan untuk layanan tera dan tera ulang akan berakhir hingga 31 Desember 2018 mendatang," paparnya.

Dengan dibukanya pelayanan Metrologi Legal, lanjut Sariaman, seluruh ‎timbangan para pedagang, petani, Tauke Sawit/Karet, Veron, PKS, SPBU dan lainnya, minimal setahun sekali wajib dilakukan tera ulang.

Sariaman mengaku, tujuan dilakukannya hal tersebut untuk menjamin tertib ukur yang benar dan legal, sekaligus kepastian bagi masyarakat agar tidak dirugikan serta perlindungan bagi produsen dan konsumen di Rohul.

Baca: Ada Acara Akhir Tahun,Drama Korea My Strange Hero & Less The Evil Tak Tayang, Ini Daftar Lengkapnya

Ditambahkannya, untuk sifatnya perusahaan, Disperindag akan turun‎ kelapangan melakukan tera dan tera ulang alat UTTP, sementara bagi pedagang, Toke karet dan sawit yang sifatnya pelayanan masyarakat,‎ harus membawa alat ukur timbangan ke Kantor Disperindag untuk dilakukan tera dan tera ulang.

‎"Peralatan untuk pelayanan Metrologi Legal di Kantor ‎Disperindag Rohul sudah ada, tinggal pelaksanaannya pada Januari mendatang. Namun apabila terjadi kerusakan pada alat UTTP, pihaknya belum bisa memperbaikinya. Sehingga nantinya harus mendatangkan tenaga ahli dari Pekanbaru," pungkasnya. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved