Gejolak Gunung Anak Krakatau, Maskapai Garuda Indonesia Sebut Belum Mempengaruhi Penerbangan

Kondisi dunia penerbangan turut mendapatkan pengaruh dari kondisi alam.

Gejolak Gunung Anak Krakatau, Maskapai Garuda Indonesia Sebut Belum Mempengaruhi Penerbangan
KOMPAS/RIZA FATHONI
Potret terkini Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kondisi dunia penerbangan turut mendapatkan pengaruh dari kondisi alam.

Seperti gejolak Gunung Anak Krakatau, turut mempengaruhi rute maskapai penerbangan.

Marketing Communication Garuda Indonesia Pekanbaru, Eko Baseptriadi, kepada Tribunpekanbaru.com, Jumat (28/12/2018) mengatakan, berkaitan gejolak Gunung Anak Krakatau memang belum begitu mempengaruhi aktivitas penerbangan Garuda Indonesia.

Baik itu dari arah Sumatera menuju pulau Jawa atau pun sebaliknya.

Baca: Jurnalis Metro TV Rifai Pamone Meninggal, Sudah Lama Idap Penyakit Ini

Guna menghindari bahaya selama penerbangan, langkah antisipasi pun telah dilakukan. Sehingga perjalanan udara menggunakan pesawat tetap aman di kedua arah itu.

"Kalau Garuda Indonesia sejauh ini masih terpantau pancar. Langkah antisipasinya kan kalau ke Pulau Jawa atau pun sebaliknya biasanya kan lurus, sekarang agak belok dan memutar sedikit," ungkap Eko.

"Antisipasi itu memang sudah diatur sama ATC, AirNav untuk keselamatan penerbangan. Udah diatur sama mereka. Garuda sih tinggal terbang sesuai jalurnya aja. Pesawat lain pun juga gitu," terang Eko.

Eko menambahkan, sampai saat ini kondisi alam atau gejolak Gunung Anak Krakatau sama sekali belum mempengaruhi jumlah penumpang Garuda Indonesia. Semua masih terpantau ramai dan tidak ada yang melakukan pembatalan.

"Trafik penumpang pun masih sama dan ramai seperti akhir-akhir tahun lalu. Biasanya untuk akhir tahun kan ada peningkatan jumlah penumpang pulang dan pergi. Tidak ada pembatan karena gejolak gunung dan bencana alam ini. Karena memang langkah dari ATC sudah ada untuk keselamatan penerbangan," tuturnya.

Baca: VIDEO: Jadwal Live Streaming Liga Italia, Juventus Vs Sampdoria, Pekan ke 19 Sabtu (28/12/2018)

Eko menyebut, selama moment libur panjang ini, diharapkan tidak ada kendala pada dunia penerbangan. Baik itu dari operasional maskapai maupun terhadap penumpang.

"Semoga mudiknya dan liburnya berjalan lancar dan tidak ada kendala apapun. Alhamdulillah sejauh ini aman-aman saja," ungkapnyan. (*)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved