Kampar

KPU Kampar Mulai Susun DPTb dan DPK

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar mulai melakukan penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK)

KPU Kampar Mulai Susun DPTb dan DPK
ist
KPU Kampar Mulai Susun DPTb dan DPK 

KPU Kampar Mulai Susun DPTb dan DPK

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Ikhwanul Rubby

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar mulai melakukan penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Ini dilakukan pascapenetapan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) Pemilu 2019 secara nasional oleh KPU RI beberapa waktu lalu.

Baca: KISAH Cewek Cantik Asal Pekanbaru di Tahun 2018, Ada Harapan Besar di Tahun 2019, Religius

Baca: KISAH Cewek Cantik Asal Kediri Jadi Foto Model dan Selebgram, Ditipu dan Ada DM Nakal Ngajak Tidur

Komisioner KPU Kampar, Ahmad Dahlan kepada Tribunpekanbaru.com mengatakan, ditetapkannya DPTHP-2, maka KPU Kampar memasuki tahapan lanjutan yakni penyusunan DPTb dan DPK.

Ia menjelaskan, DPTb ditujukan untuk pemilih yang sudah terdaftar di DPT suatu Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang karena keadaan tertentu tidak bisa menggunakan hak pilihnya di TPS bersangkutan.

"Sebagai contoh mahasiswa, santri, atau pekerja yang tidak mungkin pulang ke kampung halamannya meski diliburkan. Mereka tidak dapat pulang ke rumah asal sesuai e-KTPektroniknya, untuk itu mesti mengurus daftar pemilih pindahan," ungkapnya.

Dijelaskan dalam Pasal 36 ayat 3 Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri Penyelenggaraan Pemilihan Umum bahwa DPTb bisa terjadi karena keadaan tertentu meliputi pemilih menjalankan tugas pemerintahan di tempat lain pada hari pemungutan suara, menjalani rawat inap di rumah sakit atau puskesmas dan keluarga yang mendampingi, penyandang disabilitas yang menjalani perawatan di panti sosial atau panti rehabilitasi.

Baca: KISAH Cewek Cantik Asal Aceh di Pekanbaru, Hatinya Hancur ketika Ada Anak yang dapat Perlakuan Keji

Baca: KISAH Cewek Cantik Asal Pekanbaru Bisa Liburan ke Bali, Mimpi yang Jadi Kenyataan

Selain itu pemilih menjalani rehabilitasi narkoba, menjadi tahanan di rumah tahanan atau lembaga permasyarakatan, tugas belajar atau menempuh pendidikan menengah atau tinggi, pindah domisili, dan tertimpa bencana alam masuk dalam kategori tersebut.

Dahlan mengatakan untuk dapat dimasukkan kedalam DPTb pemilih harus menunjukkan bukti e-KTP, bukti yang bersangkutan telah terdaftar sebagai pemilih dalam DPT di TPS asal.

Halaman
12
Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved