Dumai

Satu dari Empat Ha Lahan Proyek SPAM Dumai Sudah Ditimbun

Dinas PUPR Kota Dumai melakukan peninjauan lokasi pembangunan off take SPAM Regional di atas lahan seluas empat hektar.

Satu dari Empat Ha Lahan Proyek SPAM Dumai Sudah Ditimbun
Tribun Pekanbaru/Syahrul Ramadhan
Kabid CK Dinas PUPR Kota Dumai Riau Saputra (baju putih, red) bersama dengan anggotanya melakukan pengecekan kesiapan lahan yang direncanakam sebagai proyek SPAM Air Minum di Kota Dumai. 

Laporan Wartawan Tribundumai.com, Syahrul Ramadhan.

TRIBUNDUMAI.COM, DUMAI - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Dumai melakukan peninjauan lokasi pembangunan off take SPAM Regional di atas lahan seluas empat hektar.

Kegiatan yang berlangsung minggu lalu itu dilakukan dalam rangka mengecek persiapan pembangunan proyek air bersih di bilangan Bukit Timah Dumai Selatan.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Dumai Riau Satria melalui jaringan selular pada Minggu (6/1/2019) mengatakan, lahan yang sudah bersih dan ditimbun seluas 1 hektar.

Baca: Vanessa Angel Dipulangkan Usai Diperiksa, Ini 5 Artis Cantik Pernah Terlibat Prostitusi Online

"Diatas lahan tersebut, proyek SPAM Regional dan infrastruktur air minum seperti pompa dan instalasi akan kita dirikan dengan bantuan dari anggaran pemda dan pemprov," kata Satria.

Dia menerangkan, SPAM Regional melibatkan tiga daerah Dumai, Rohil dan Bengkalis (Durolis) itu sudah digesa sejak 2016 silam.

Pemprov Riau bahkan sudah mendirikan bangunan rumah pompa dan rumah genset senilai Rp. 1,4 M.

Diperkirakan, pada 2020 mendatang Pemko Dumai akan mendapat bantuab air curah dari SPAM Regional Durolis dengan kapasitas 150 liter per detik.

"Tahap selanjutnya yang dibutuhkan untuk mendukung rencana tersebut adalah penyempurnaan dan pembenahan pipa diatribusi eksisting," paparnya.

"Untuk pembangunan tersebut, estimasi dana dibutuhkan sebesar Rp. 57 M yang rencananya akan dibebankn pada APBD Kota Dumai," tambah Riau.

Baca: Transfer Pemain: Mario Madzukic Pensiun di Juventus!

Dengan jumlah anggaran yang fantastis itu, Pemko Dumai akan mengusahakan investasi badan usaha, atau Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Dengan alternatif tersebut diharapkan dapat membangun pembangunan intake, jaringan transmisi, IPA, Booster, Resevoir Distribusi dan perbaikan instalasi pipa jaringan distribusi.

"Di lokasi di Bukit Timah inilah kita akan membangun reservoir atau penampungan air curah sudah diolah dengan sumber air baku dari Sungai Rokan," sebut Riau kemudian. (*)

Penulis: Syahrul
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved