Pekanbaru

Dirintis Sejak 2016, PCR Pekanbaru Kembangkan Kursi Roda yang Dikendalikan oleh Pikiran

Kampus Politehnik Caltex Riau (PCR) sedang melakukan pengembangan teknologi kursi roda yang digerakan menggunakan fikiran.

Dirintis Sejak 2016, PCR Pekanbaru Kembangkan Kursi Roda yang Dikendalikan oleh Pikiran
Istimewa
Tim peneliti kursi roda listrik yang dikendalikan fikiran terdiri dari dosen pembimbing dan mahasiswa PCR Pekanbaru saat mempertunjukan hasil penelitiaanya beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan tribunpekanbaru.com, Johannes Wowor Tanjung

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kampus Politehnik Caltex Riau (PCR) sedang melakukan pengembangan teknologi kursi roda yang digerakan menggunakan fikiran.

Teknologi di bidang biomedik ini telah dirintis PCR sejak tahun 2016 lalu.

Kini kursi roda listrik yang dikontrol menggunakan sinyal otak penggunanya sedang menuju kesempurnaan setelah dilakukan penelitian hingga pengujian dalam jangka waktu yang lama.

Baca: Kisah Nurhadi si Tukang Pijat, Viral Capres Nomor 10, Ditawari Timses sampai Dilirik Youtuber China

Dosen peniliti PCR menggandeng mahasiswa yang konsentrasinya di bidang tersebut dalam proses pengembangan teknologi.

"Sudah ada tiga mahasiswa yang lulus dengan judul tugas akhirnya membahas kursi roda yang dikontrol menggunakan fikiran ini," ungkap Ketua proyek penelitian kursi roda listrik PCR, Putri Madona, kepada tribunpekanbaru.com, Senin (7/12/2018).

Putri Madona yang menjadi inisiator penelitian kursi roda biomedik ini mengungkapkan ketiga mahasiswa yang terlibat penelitian ini telah lulus dan bekerja.

Generasi pertama benama Maulud Hidayat yang sekarang di Kota Batam. Dalam tahap pertama ini kursi roda yang dikendalikan fikiran masih proses permulaan.

Kebanyakan penilitannya mengarah ke akuisisi data untuk diklasifikasi menjadi gerakan kursi listrik, berdasarkan sinyal-sinyal otak penggunanya.

Kemudian penelitian generasi kedua ada dua mahasiswa yakni Nurul Fikri dan Roby Pradana, keduanya sudah lulus dan bekerja di perusahaan tertentu.

Baca: Cabuli Adik Ipar yang Masih Remaja di Areal Kebun Sawit, AG Diciduk Aparat Polsek Tambang

Halaman
123
Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved