Pekan Life

DLHK Kota Pekanbaru Gelar Sosialisasi Cegah Pungli Retribusi Sampah

DLHK Pekanbaru bisa bekerjasama dengan instansi lain untuk memungut retribusi. Pungutan sampah di luar pihak DLHK Pekanbaru adalah ilegal.

DLHK Kota Pekanbaru Gelar Sosialisasi Cegah Pungli Retribusi Sampah
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Sampah menumpuk di depan Pasar Arengka, Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru berupaya optimalkan retribusi sampah karena masih banyak pungli iuran sampah. 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Retribusi pelayanan persampahan pada tahun 2018 hanya Rp 5 Miliar. Jumlah ini belum optimal karena pungutan liar retribusi sampah masih marak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Zulfikri menegaskan bahwa pelaksanaan pemungutan retribusi sampah dilakukan oleh DLHK Kota Pekanbaru.

Ada petugas yang ditunjuk oleh pihak DLHK Pekanbaru untuk menarik retribusi yang memberikan karcis sebagai bukti pembayaran.

Baca: Ribuan Warga Datanya Terekam Ganda, Disdukcapil Pekanbaru Pastikan Tidak Bisa Rekam Data Lagi

Bahkan ada pihak DLHK Pekanbaru bisa bekerjasama dengan instansi lain untuk memungut retribusi. Pungutan sampah di luar pihak DLHK Pekanbaru adalah ilegal.

"Mereka yang bisa mengutip retribusi sampah hanyalah pihak DLHK. Serta pihak yang bekerjasama dengan DLHK Pekanbaru memungut retribusi sampah," paparnya usai sosialisasi di Kecamatan Tampan, Senin (7/1/2019).

Menurutnya, pihak DLHK bakal melakukan sosialisasi ke seluruh kecamatan selama enam hari. Sosialisasi berlangsung di dua kecamatan setiap harinya. Guna mencegah menjamurnya pungli sampah.

Zulfikri mengatakan bahwa kegiatan ini adalah upaya sosialisasi kepada masyarakat terkait pembayaran retribusi sampah. Ia menegaskan bahwa yang memungut retribusi sampah di pemukiman adalah LPM RW dan yang memungut retribusi di tempat kegiatan usaha yakni DLHK Pekanbaru.

Baca: Dua Formasi CPNS 2018 di Pemko Pekanbaru Tidak Terisi, Ini Penyebabnya

Tapi belum seluruh LPM RW yang bekerjasama dengan DLHK. Saat ini baru baru 130 LPM RW yang bekerjasama. Padahal keseluruhan ada 763 LPM RW di Pekanbaru.

Oleh sebab itu, pada sosialisasi ini untuk mengajak masyarakat agar membayarkan retribusi sampah sesuai aturan. Sosialisasi ini juga upaya meningkatkan pendapatan dari retribusi sampah.(*)

Penulis: Fernando
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved