Pekanbaru

Pasar Higienis Kembali Kosong, Ini Tanggapan Wako Pekanbaru

Pasar Higienis Teratai sudah hampir satu bulan kosong. Aktivitas jual beli tidak terlihat lagi di pasar yang dulunya bangunan Sekolah Dasar (SD).

Pasar Higienis Kembali Kosong, Ini Tanggapan Wako Pekanbaru
tribunpekanbaru/dodivladimir
Pasar Higienis yang berada di Jalan Teratai, Pekanbaru terlihat lengang, Selasa (12/12/2018). Pasar Higienis kembali ditinggal pedagang dikarenakan pasar tersebut sepi pembeli dan pedagang kembali berdagang dipinggi jalan. 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pasar Higienis Teratai sudah hampir satu bulan kosong. Aktivitas jual beli tidak terlihat lagi di pasar yang dulunya bangunan Sekolah Dasar (SD).

Ratusan pedagang yang memiliki los di sana memilih keluar dari pasar. Mereka akhirnya kembali bejualan di tepi Jalan Teratai, Kota Pekanbaru sejak pertengahan Desember 2018 silam.

Baca: 65 Hektare Lahan di Riau Terbakar Sepekan Terakhir, Terluas di Rohil hingga 40 Ha

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT tidak menampik pasar yang dikelola pemerintah kota itu ditinggalkan para pedagang. Ia mengimbau kepada para pedagang untuk menempati pasar yang sudah disediakan pemerintah.

"Kami sudah imbau beberapa kali, agar para pedagang kembali menempati pasar tersebut," terangnya, Senin (7/1/2019).

Firdaus juga sudah menginstruksikan pihak Satpol PP Kota Pekanbaru untuk menertibkan para pedagang yang berjualan di tepi Jalan Teratai. Sebab pemerintah sudah menyediakan tempat di pasar higienis untuk berdagang.

Ia sangat yakin para pedagang harus membayar mahal saat berjualan ke tepi jalan. Sebab berjualan di tepi jalan tentu tidak gratis. Ia menduga para pedagang membayar sejumlah uang kepada orang tertentu.

Pungutan tersebut tidak jelas alirannya. Maka ia mengimbau para pedagang untuk kembali berjualan di tempat yang sudah disediakan.

"Saya juga instruksikan agar tim penertiban bergerak cepat," paparnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pasar Disperindag Kota Pekanbaru, Suhardi mengatakan bahwa permasalahan ini sudah dibahas bersama. Hasil bahasan bersama nantinya bakal ditindaklanjuti oleh tim yustisi.

Baca: 8 Formasi CPNS 2018 Pelalawan Kosong, 2 Formasi Dokter Spesialis 

Mereka nantinya melakukan upaya bersama menertibkan pedagang yang berjualan di tepi Jalan Teratai. Sembari mengarahkan para pedagang untuk kembali berjualan di pasar higienis.

Pria berkacamata mengungkapkan bahwa alasan utama para pedagang hengkang dari pasar karena sepinya aktivitas jual beli di sana. Kondisi ini lantaran masih ada sejumlah pedagang berjualan di tepi Jalam Teratai. Perlahan mereka semua memilih berjualan di tepi jalan.

Masyarakat juga masih cendrung membeli langsung di tepi jalan. Mereka merasa lebih mudah belanja dengan pedagang yang ada di tepi Jalan Teratai. (*)

Penulis: Fernando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved