Berita Riau

Ujian Nasional SMA dan SMK Sederajat Di Riau Dimajukan, Ini Jadwal Lengkapnya

Jika tahun sebelumnya UN dilaksanakan akhir bulan April, maka tahun ini UN dimajukan akhir bulan Maret hingga awal bulan April.

Ujian Nasional SMA dan SMK Sederajat Di Riau Dimajukan, Ini Jadwal Lengkapnya
TribunPekanbaru/Theo Rizky
ILUSTRASI, Sejumlah Siswa SMA di Pekanbaru tengah serius mengerjakan Ujian Nasional Berbasis Komputer beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ujian Nasional (UN) SMA/SMK sederajat tahun 2019 di Riau dilaksanakan lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya.

Majunya jadwal ujian nasional ini akibat adanya pesata demokrasi tahunan, yakni pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) yang akan dilaksakan 17 April mendatang.

Jika tahun sebelumnya UN dilaksanakan akhir bulan April, maka tahun ini UN dimajukan akhir bulan Maret hingga awal bulan April.

Baca: Jadwal dan Kisi- kisi Soal Ujian Nasional 2019 Resmi Dirilis, Silahkan Download Disini

Kepala Dinas Pendidikan atau Disdik Riau, Rudyanto, Selasa (8/1/2019) mengatakan, pelaksanaan UN SMA/SMK sederajat tahun 2019 di Riau akan dilaksanakan sebelum pelaksanaan pemihan umum (Pemilu) 2019.

"Biasanya UN dilaksanakan akhir April, tapi karena ada pemilu dipercepat akhir Maret. Jadi sebelum pemilu sudah selesai," katanya.

Sementara saat disinggung persiapan tahapan UN, saat ini pihaknya tengah menyiapkan data peserta ujian atau Data Nominasi Sementara (DNS) dari sekolah.

"Kita targetkan pertengahan Januari ini DNSnya sudah selesai. Setelah itu baru persiapan Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta UN, lalu kita lakukan verifikasi data itu," imbuhnya.

Rudyanto mengungkapkan, saat ini masih ada tiga kabupaten dan kota yang belum menyerahkan DNS.

Baca: Besok Pengumuman Kelulusan UNBK 2 Mei 2018, Ini Jadwal Resmi Hasil Ujian Nasional dari Kemendikbud

Adapun 3 Kabupaten/Kota tersebut, Pekanbaru ada 2 sekolah, Kampar 14 sekolah dan Bengkalis 4 sekolah.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved