Ingat Harimau Terjebak di Kolong Ruko di Inhil, Ini Kabar Terbaru Atan Bintang Setelah Rehabilitasi

Luka pada kaki kiri depan dan sedikit luka di kaki kiri belakang yang diduga akibat jeratan juga sudah sembuh

Ingat Harimau Terjebak di Kolong Ruko di Inhil, Ini Kabar Terbaru Atan Bintang Setelah Rehabilitasi
Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera (PRHS) Yayasan Arsari
Kondisi terkini Atan Bintang, Harimau Sumatera yang pernah diselamatkan saat terjebak di kolong ruko di Pulau Burung, Inhil 

Laporan Fotografer Tribunpekanbaru.com, Theo Rizky

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Masih ingat Atan Bintang?

Harimau Sumatera yang terjebak dan berhasil dievakuasi dari kolong ruko, Pulau Burung, Indragiri Hilir pada pertengahan November 2018 lalu.

Dokter hewan dari Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera (PRHS) Yayasan Arsari di Dharmasraya, Sumatera Barat yang menangani Antan Bintang, drh Andita Septiandini memberikan kabar baik tentang kondisi Atan Bintang terkini.

Disampaikan Andita, hewan eksotis langka yang yang terancam punah itu sekarang dalam keadaan sehat, luka pada kaki kiri depan dan sedikit luka di kaki kiri belakang yang diduga akibat jeratan juga sudah sembuh.

"Sekarang bobotnya sekitar 90 kg dengan panjang 233 cm," ujar Andita kepada Tribunpekanbaru.com di Kantor Balai Besar KSDA Riau, Selasa (8/1/2019).

Kondisi terkini Atan Bintang, Harimau Sumatera yang pernah diselamatkan saat terjebak di kolong ruko di Pulau Burung, Inhil
Kondisi terkini Atan Bintang, Harimau Sumatera yang pernah diselamatkan saat terjebak di kolong ruko di Pulau Burung, Inhil (Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera (PRHS) Yayasan Arsari)

Dijelaskannya, setiap hari, harimau jantan itu diberi makan 3,5 kg daging babi hutan.

Pada awal-awal penempatan di pusat rehabilitasi, harimau berusia sekitar 3 tahun itu hanya diberi minum air gambut yang didatangkan khusus dari Riau, sesuai dengan kebiasannya, seiring waktu, air gambut mulai dicampur dengan air mineral dari gunung karena air gambut tidak bisa disimpan terlalu lama, namun Atan Bintang mampu beradaptasi.

Baca: VIDEO: 2 Harimau Lepas, 1 Sembunyi di Gorong-Gorong, Begini Kronologi Penangkapannya

Baca: 40 Ekor Harimau Sumatera Hidup di Hutan Senepis Riau, Warga Diminta Berhati-hati

Baca: 2 Camera Trap Pantau Harimau Sumatera di Pulau Burung, Harimau Sumatera Masuk Pemukiman Warga

Kandang observasi Atan Bintang sendiri berdekatan dengan kandang Bonita, seekor harimau sumatera betina yang dievakuasi dari Kecamatan Pelangiran, Kab Inhil sekitar Bulan April 2018 lalu.

Meski tidak satu kandang namun kedua harimau itu dapat bertatap muka.

Dikatakan Andita, rencananya kedua harimau Sumatera itu akan dilepaskan bersamaan pada awal tahun ini disuatu tempat di Riau, hanya saja ia tidak merinci dimana dan kapan waktu pastinya,

Halaman
12
Penulis: TheoRizky
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved