Siak

Menuju MTQ Berkualitas, Kemenag dan LPTQ Siak Mulai Seleksi Peserta

Untuk meningkatkan kualitas MTQ tingkat kabupaten Siak 2019, Kemenag dan LPTQ Siak mulai menyeleksi peserta

Menuju MTQ Berkualitas, Kemenag dan LPTQ Siak Mulai Seleksi Peserta
TribunPekanbaru/Syaiful Misgiono
Kelap kelip lampu hias menyinari panggung utama saat pentupan MTQ Riau 2018, Selasa (18/12/2018) malam. 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Untuk meningkatkan kualitas MTQ tingkat kabupaten Siak 2019, Kemenag dan LPTQ Siak mulai menyeleksi peserta. Penyeleksian tersebut dilaksanakan di kecamatan masing-masing dengan tim seleksi yang diturunkan atau ditunjuk pihak LPTQ.

"Sebelumnya tidak ada seleksi peserta, langsung pada pembinaan. Tahun ini kita gelar lebih awal guna untuk memetakan para qari dan qariah," kata Kepala Kantor Kemenag Siak, Muharom yang didampingi Sekretaris LPTQ kabupaten Siak Rozali kepada Tribunsiak.com, Rabu (9/1/2019) di sela-sela pembukaan seleksi peserta MTQ tingkat kabupaten Siak, di Gedung Tengku Mahratu, Siak Sri Indrapura.

Penyeleksian ini dilakukan untuk mengambil qari-qariah terbaik tingkat kecamatan untuk berlomba di tingkat kabupaten. Penyeleksian ini sengaja dilaksanakan awal tahun supaya panjang waktu pembinaan yang dilakukan.

Baca: Sidang Lanjutan 3 Dokter RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru, Rekan Sejawat Padati Ruang Sidang

Baca: Pemkab Inhil Upayakan Tambahan 3 Excavator Pada Tahun 2019

"Masing-masing kafilah bisa menyeleksi 2 atau 3 peserta terbaik pada satu cabang lomba. Sehingga masing-masing kafilah benar-benar mengutus peserta yang terbaik," kata dia.

Yang berhak ikut seleksi ini adalah peserta yang juara pada MTQ tingkat kampung masing-masing. Setelah masing-masing kecamatan melaksanakan seleksi, maka peserta yang diikutkan untuk tingkat kabupaten mempunyai level yang berbeda sebelumnya.

"Penyeleksian ini juga bertujuan, agar anak-anak kita yang berprestasi tidak dipakai oleh kafilah dari kabupaten lain. Karena anak-anak Siak ini banyak dipakai kabupaten/kota lain pada MTQ provinsi," kata dia.

Ia menguraikan, prestasi peserta MTQ Siak sedang menggeliat. Buktinya, pada 2017 lalu, Siak bertengger pada posisi 7 MTQ se Riau. Namun pada MTQ Riau 2018, Siak berhasil merangsek ke posisi 3, setelah Pekanbaru dan Rokan Hilir.

"Untuk MTQ Riau 2019 ini, target kita juara I. Jika persiapan kita lebih awal begini, Insyaallah saya yakin kita bisa juara I, asal anak-anak kita tetap berlomba pada kafilah Siak," kata Muharom.

Sementara Rozali mengatakan, persiapan sejak awal ini juga didukung pendanaan yang memadai. Pada 2018, Pemda memberikan anggaran hanya Rp 1 miliar. Sehingga untuk Training Center (TC) qari-qariah hanya dapat dilaksanakan sebanyak 2 kali.

"Untuk tahun ini seminimal mungkin kita gelar 3 kali TC. Kita berusaha semakisimal mungkin untuk meningkatkan prestasi anak-anak kita," kata dia.

Ia menguraikan, saat ini kekuatan Siak ada pasa cabang lomba qari-qariah, hafiz dan hafizah. Sementara yang menjadi perhatian untuk digedor adalah pada cabang khad.

"Cabang lomba khad memang titik lemah kita hari ini. Tapi kita sudah siapkan metode untuk memacu anak-anak kita untuk tahun ini," kata dia.(myo)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved