Berita Riau

Terbanyak di Riau, Sekitar 48 Persen Masyarakat Rokan Hulu Belum Ikut BPJS Kesehatan

Dari 12 kabupaten/kota di Riau, bahkan ada di antaranya daerah yang masyarakatnya masih 48 persen yang belum ikut serta BPJS Kesehatan, yakni di Rokan

Terbanyak di Riau, Sekitar 48 Persen Masyarakat Rokan Hulu Belum Ikut BPJS Kesehatan
tribunpekanbaru/donnykusumaputra
BPJS Kesehatan Rohul Pastikan Tak Satupun Rumah Sakit di Rohul Putus Kerjasama 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU --Berdasarkan data BPJS Kesehatan Sumbagteng dan Jambi, hingga Desember 2018, cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan di Provinsi Riau masih sebanyak 69,02 persen, atau dengan angka 4.150.411 orang.

Sementara itu, jumlah penduduk di Riau tercatat sebanyak 6.013.651 jiwa, yang tersebar di 12 kabupaten/kota di Riau.

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, dan Jambi, Siswandi mengatakan, selain masih kurangnya kesadaran masyarakat, penyebab kepesertaan BPJS masih minim juga dikarenakan ketidakmampuan masyarakat untuk membayar premi.

Baca: BPJS Kesehatan Rohul Pastikan Tak Satupun Rumah Sakit di Rohul Putus Kerjasama

"Untuk Provinsi Riau kepesertaan BPJS masih rendah. Kita melihat, hal ini juga dikarenakan ketidakmampuan sebagian masyarakat untuk membayar premi," kata Siswandi, saat menerima kunjungan menejemen Tribun Pekanbaru di kantornya yang berlokasi di Jalan Sudirman, Pekanbaru, Jumat (11/1).

Oleh karena itu, dikatakan Siswandi, perlu peran serta pemerintah untuk menganggarkan untuk hal itu, sehingga masyarakat yang tidak mampu bisa ikut serta BPJS Kesehatan tersebut.

Selain itu, fasilitas di rumah sakit daerah, menurut Siswandi juga mempengaruhi masyarakat untuk ikut serta dalam BPJS Kesehatan.

"Misalnya kelengkapan dan fasilitas rumah sakit di daerah yang masih belum lengkap, membuat masyarakat enggan untuk ikut serta BPJS di daerah," ulasnya.

Baca: BPJS Kesehatan Sebut Tidak Ada Pemutusan Kerjasama dengan Pihak Rumah Sakit di Riau

Dari 12 kabupaten/kota di Riau, bahkan ada di antaranya daerah yang masyarakatnya masih 48 persen yang belum ikut serta BPJS Kesehatan, yakni di Rokan Hulu.

Kampar 21,09
Pelalawan 25,58
Rokan Hulu 48,77
Pekanbaru 13,20
Bengkalis 24,97
Meranti 15,89
Rokan Hilir 45,93
Siak 37,84
Dumai 16,29
Indragiri Hilir 25,87
Indragiri Hulu 25,11
Kuantan Singingi 38,58

Halaman
12
Penulis: Alex
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved