Pemilu 2019

VIDEO: Bawaslu Himbau Ormas di Riau Ikut Jadi Pemantau Pemilu 2019

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau mengajak ormas yang mau ikut terlibat menjadi pemantau Pemilu untuk mendaftarkan diri

Laporan wartawan Tribunpekanbaru.com Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau mengajak ormas yang mau ikut terlibat menjadi pemantau Pemilu untuk mendaftarkan diri di Bawaslu tempat pendaftaran ormas pemantau tersebut.

"Kepada ormas yang ingin menjadi pemantau pelaksanaan pemilu silahkan daftar ke Bawaslu, "ujar Komisioner Bawaslu Riau Neil Antariksa kepada Tribun Kamis (10/1).

Memang diakui Neil Antariksa sudah ada ormas yang datang untuk mendaftarkan diri menjadi pemantau Pemilu 2019 di Riau, hanya saja ormas yang mendaftar tersebut tidak memenuhi syarat karena tidak netral.

"Syarat Ormas yang bisa ikut memantau ini tidak berkaitan dengan partai dan tidak ada berapiliasi dengan partai ataupun Caleg. Sementara yang daftar kemarin itu ketuanya Caleg, makanya tidak jadi masuk tim pemantau, "ujar Neil Antariksa.

Sebelumnya pemantau Pemilu yang berasal dari ormas ini mendaftarkan diri di KPU namun untuk tahun ini ormas pemantau mendaftarkan diri melalui Bawaslu.

BACA JUGA:

Kenapa Ada APK di Pekanbaru Disegel dan Ada yang Diturunkan? Ini Kata Bawaslu

APK Disegel Bawaslu, Agung Nugroho : Itu Punya Saya Bukan Berbayar

Dorrr, Wajah Gadis Ini Hancur Tak Sengaja Menarik Pelatuk Pistol Sang Ayah saat Selfie di Kamar

Dihadiri Bidadari Indonesia, Kubu Prabowo Gelar Nobar Debat Capres 2014 Silam: Bahas Janji Jokowi

HEBOH Harga Tiket Pesawat Mahal, Coba 10 Cara Dapatkan Tiket Murah Ini

"Jadi nanti mereka itu akan disertifikasi dan diakreditasi oleh Bawaslu dan ikut memantau pelaksanaan pemilu, "jelasnya.

Neil Antariksa juga menyebut, Bawaslu akan menunggu para ormas untuk datang mendaftarkan diri sebagai pemantau Pemilu, karena pendaftaran sendiri akan dibuka jelang pelaksanaan pencoblosan 17 April 2019 mendatang.

"Kami akan tunggu silahkan datang mendaftar dan jadi tim pemantau dalam pemilu di Riau, "ujar Neil Antariksa.

Neil juga mengingatkan tidak akan terima ormas yang berapiliasi dan ada keterlibatan politik, seperti sebelumnya pernah ada ormas Penjara mendaftar namun pihak Bawaslu tidak menerima karena ada pengurus terlibat partai politik.

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved