Rokan Hulu

Jalan Simpang PIR-Desa Dayo Rohul Sepanjang 3,7 Kilometer Diresmikan

Memudahkan masyarakat membawa hasil perkebunan ke pabrik, maupun keluar desa dengan jarak tempuh 30 menit, sekarang bisa 3 menit.

Jalan Simpang PIR-Desa Dayo Rohul Sepanjang 3,7 Kilometer Diresmikan
TribunPekanbaru/Donny Putra
Resmikan Jalan Simpang PIR-Desa Dayo Sepanjang 3,7 Kilometer, Sukiman Pesankan Ini Kemasyarakat. 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - 3,7 kilometer (km) perbaikan jalan sepanjang antara Simpang PIR Desa Koto Tandun ke Desa Dayo Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), telah selesai dikerjakan pihak rekanan.

Jalan yang diperbaiki memakai bantuan keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi Riau dan APBD Perubahan Rohul tahun anggaran 2018 sekira Rp 12 miliar telah diresmikan oleh Bupati Rohul, Jumat (11/1/2019).

Peresmian jalan antara Simpang PIR-Desa Dayo ini ditandai dengan pemotongan pita, dihadiri Ketua PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Kepala Bappeda Rohul Nifzar SP, MIP, Kepala Dinas PUPR Rohul Anton ST MT serta sejumlah kepala OPD lainnya.

Bupati Rohul Sukiman mengungkapkan, setelah puluhan tahun diharapkan masyarakat tiga desa, yakni Desa Tapung Jaya, Desa Bono Tapung dan Desa Dayo, akhirnya jalan sepanjang 3,7 km baru bisa diperbaiki pemerintah, dan kini sudah layak dilalui.

Ia menerangkan, anggaran perbaikan jalan berasal dari dana peningkatan ruas jalan, yakni dari bantuan keuangan provinsi sepanjang 2,7 km, dan pengaspalan 1 km didanai dari APBD Perubahan Rohul.

"Pengaspalan jalan Simpang PIR sampai Desa Dayo ini masih terus akan berlanjut," katanya.

Baca: Bobol Toko Handphone Tengah Malam, Seorang Pria di Rohul Ditangkap Pagi Hari

Baca: Pamit Pergi Cari Rumput dan Bawa Gerobak, Seorang Pria di Rohul Ditemukan Tergantung di Pohon

Baca: BPJS Kesehatan Rohul Pastikan Tak Satupun Rumah Sakit di Rohul Putus Kerjasama

Menurutnya, perbaikan jalan Simpang PIR-Desa Dayo merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam mengentaskan pembangunan, terutama jalan dan jembatan.

"Ini masih awal, dan kita akan upayakan pengaspalan berikutnya bisa berlanjut, sebab akses jalan ini sudah berpuluh-puluh tahun dinanti masyarakat," sebutnya.

Dirinya meminta, peran serta masyarakat untuk memelihara jalan agar tetap baik dan kering, sehingga daya tahan aspal tetap terawat, dan tidak mudah rusak.

Diakuinya, pengaspalan jalan sepanjang 3,7 km ini sangat berdampak positif bagi masyarakat, karena memudahkan masyarakat membawa hasil perkebunan ke pabrik, maupun keluar desa dengan jarak tempuh 30 menit, sekarang bisa 3 menit.

"Karena itu harus ada peran masyarakat ikut menjaga agar jalan tetap kering, hingga aspal tidak mudah pecah (rusak)," harapnya.

Masih di tempat sama, Kepala Dinas PUPR Rohul Anton, mengungkapkan, perbaikan jalan simpang PIR-Desa Dayo akan dilanjutkan pada tahun 2019 sepanjang 3 km. Perbaikan lanjutannya, dikabarkan akan didanai dari APBD Murni Rohul sebesar Rp 10 miliar.

Anton mengatakan perencanaan pengaspalan jalan hanya sampai Bukit Suligi, sebab jalan yang ada di atas merupakan jalan ke perusahaan.

"Nantinya pak Bupati (Rohul) akan bekerjasama dengan pihak PTPN 5 dan perusahaan yang ada di seputar Desa Pendalian (Kecamatan Pendalian)," pungkasnya. (*) 

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved