Berita Riau

Kunjungan Wisman ke Riau Tahun 2018 Mencapai 120 Ribu, Diprediksi Akan Meningkat Tahun Ini

Dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan ke Riau baik Wisatawan Nusantara (Wisnus) maupun Wisatawan Mancanegara (Wisman) trendnya terus meningkat.

Kunjungan Wisman ke Riau Tahun 2018 Mencapai 120 Ribu, Diprediksi Akan Meningkat Tahun Ini
istimewa
5 orang wisatawan mancanegara (wisman) mendapat sambutan spesial kala mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru, Senin (1/1/2018). 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal Usman mengaku optimis jumlah kunjungan wisatawan ke Riau tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

Meski belakangan ini sejumlah maskapai penerbangan menaikkan harga tiket pesawat dua kali lipat dari biasanya.

"Saya masih tetap optimis, kenapa? Karena untuk Riau, pintu masuknya bukan hanya lewat udara saja. Tapi kita memiliki tiga titik jalur laut yang tahun ini menjadi prioritas nasional untuk indonesia bagian barat. Yakni Dumai, Bengkalis, dan Meranti," kata Fahmizal, Minggu (13/1/2018).

Baca: Bukan Riau, Wisatawan dari 2 Daerah Ini Dominasi Kunjungan ke Rohul Saat Liburan Natal

Selaim mengoptimalkan jalur laut, pihaknya juga akan mendorong berbagai pihak untuk menggelar perutunjukan dan atraksi-atraksi budaya dan kesenian untuk menggaet para wisatawan agar berbondong-bondong datang ke Riau.

"Kita harus semangat untuk mempromosikan destinasi unggulan wisata di daerahnya masing-masing supaya kunjungan wistawan ke Riau bisa terus membaik," ujarnya.

Pihak optimis target kunjungan wisatawan di riau tahun ini bisa dicapai. Di mana pada tahun 2019 target kunjungan wisatawan mancanegara di Riau sekitar 82 ribu. Sedangkan untuk domestik sekitar 7 juta wisatawan.

"Kita optimis target itu bisa dicapai," katanya.

Baca: Bolu Kemojo Banyak Dicari Wisatawan, Makanan Khas Melayu

Fahmi mengungkapkan, dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan ke Riau baik Wisatawan Nusantara (Wisnus) maupun Wisatawan Mancanegara (Wisman) trendnya terus meningkat.

Seperti ditahun 2017 misalnya, dari target 70 ribu wisatawan mancanegara, ternyata realisasinya melebihi bahkan mencapai hinga 102 ribu Wisman. Sedangkan untuk Wisnus dari target 6 ribu, realisasinya melebihi target, mencapai 7 ribu.

Kemudian di tahun 2018, target Wisman ke Riau 79 ribu ternyata realisasinya melebihi target, hingga 120 ribu Wisman. Sedangkan Wisnus di tahun 2018 mencapai 7 ribu atau diatas target yang ditetapkan 6 ribu Wisnus. (*)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved