Berita Riau

Rambu Lalulintas di Flyover Urusan Dinas Perhubungan

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait perubahan arus lalulintas di flyover.

Rambu Lalulintas di Flyover Urusan Dinas Perhubungan
tribunpekanbaru/Theorizky
Fly over Jalan Soekarno Hatta, Depan Pasar Pagi Arengka Pekanbaru tengah dalam tahap pengerjaan, Rabu (9/1/2019). Dua proyek fly over Pekanbaru dijadwalkan akan rampung pada awal 2019 ini. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru: Syaiful Misgio

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Pembangunan jembatan layang atau flyover ditargetkan selesai akhir Januari 2019 ini. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam hal ini adalah Satlantas. Selain itu pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub).
Koordinasi ini dilakukan menyusul akan terjadinya perubahan arus lalulintas yang ada di dua titik flyover, Simpang Pasar Pagi Arengka dan Simpang Mal SKA. Sebab dengan dioperasikannya dua flyover tersebut akan ada pengalihan arus lalu lintas. Sehingga harus dilakukan kajian rekayasa arus lalulintasnya agar tidak terjadi penumpukan di satu titik.
"Ada beberapa titik yang menjadi tempat u turn atau pembelokan. Ini kan nanti harus diatur dan dibuat rambu-rambunya," kata Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Riau, Yunnan Haris, Senin (14/1).
Untuk penyiapan rambu-rambu lalu lintas dan trafigh light yang ada di sekitar flyover, kata Yunnan, tidak menjadi tanggungjawab kontraktor. Namun menjadi tanggungjawab pemerintah daerah. Baik kota maupun provinsi.
"Itu tanggungjawab Dishub. Nanti Dishub kota sharing dengan Dishub provinsi. Semua harus bersinergi karena ini kan untuk masyarakat kita, khususnya pengguna jalan," ujarnya.
Seperti diketahui, pekerjaan pembangunan dua flyover di Pekanbaru terus dikebut. Hingga saat ini mencatat realisasi progress pembangunan flyover Pasar Pagi Arengka dan Simpang Mal SKA sudah diatas 98 persen. "Tinggal finising saja lagi," kata Yunnan akhir pekan lalu.
Dinas PU Riau menargetkan dua jembatan layang ini sudah bisa dioperasikan bulan depan. Namun untuk peresmianya masih belum ditetapkan jadwalnya. Sebab pihaknya masih berkoordinasi dengan Gubenur Riau terlebih dahulu kapan dua flyover tersebut akan diresmikan.
"Yang jelas peresmiannya sebelum serah terima antara gebunur baru dengan yang lama. Jadi nanti yang meresmikan tetap Gubenur yang sekarang, Pak Wan Thamrin," ujarnya.
Namun untuk peresmian dua flyover tersebut dipastikan tidak akan dilaksanakan di Pasar Pagi Arengka atau di Simpang Mal Ska. Pihaknya akan mempusatkan kegiatan peresmian di jembatan Siak IV Pekanbaru.
"Untuk acara peresmianya nanti bareng dengan Jembatan Siak IV. Jadi acaranya kita buat disana (Jembatan Siak IV). Supaya tidak menggangu arus lalu lintas di dua flyover ini," katanya. (*)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved