Karhutla

9,5 Hektare Hutan Rokan Hulu Terbakar di Sepanjang Tahun 2018

Sepanjang tahun 2018,ada 9 kejadian karhutla di Rohul yang membakar 9,5 hektare hutan.

9,5 Hektare Hutan Rokan Hulu Terbakar di Sepanjang Tahun 2018
istimewa
Sosialisasi pencegahan karhutla, UU Desa/Kelurahan dan pengelolaan keuangan desa/kelurahan tingkat Kabupaten Rohul, Kamis (17/01/2019). 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Sepanjang tahun 2018, ada 9 kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang membakar 9,5 hektare hutan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Pada tahun lalu juga terpantau 39 hotspot.

Demikian diungkapkan Bupati Rohul, H Sukiman saat membuka sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kamis (17/1).

Acara juga digabung dengan UU Desa/Kelurahan dan pengelolaan keuangan desa/kelurahan tingkat Kabupaten Rohul.

Direskrimsus Polda Riau, Kombes Gidion Arif Setyawan, SIK,SH,M Hum hadir sebagai pemateri.

Acara juga dihadiri Dandim 0313 KPR Letkol Inf Aidil Amin SIP. MPol, Ketua DPD LPM Riau T Rusli, dan Kapolres Rohul AKBP Muhammad Hasyim Risahondua.

Bupati Sukiman mengungkapkan, Rohul mempunyai hutan seluas 250.973,7 hektare, 69.539,14 hektare diantaranya merupakan hutan lindung.

Pihaknya sangat menyambut baik kegiatan sosialisasi yang dinilai penting.

Sukiman berharap, dengan adanya sosialisasi ini tidak ada lagi pembukaan lahan dengan cara pembakaran sebagai usaha budidaya maupun nonbudidaya guna mencegah karhutla.

Menurutnya, karhutla dapat diantisipasi dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahayanya membakar hutan sembarangan.

"Kami berharap TNI/ Polri dapat memberikan pengawasan langsung di tengah masyarakat. Kepada Kejaksaan kami berharap juga melakukan pengawasan terhadap peredaran jalannya proses keuangan agar kepala desa yang mendapatkan kucuran dana desa tidak terlibat dalam tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme," sebutnya.

Sukiman mengungkapkan,sejauh ini kondisi dan stabilitas keamanan di Rohul cukup baik. Tentu saja hal tersebut berkat koordinasi dan antisipasi yang baik dari seluruh aparat, baik jajaran kepolisian, maupun dari jajaran TNI.

"Mudah-mudahan kondisi seperti ini dapat terus terbina dengan baik dan lancar sekarang dan masa yang akan datang," harap Bupati Sukiman. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved