Disdukcapil Inhil Rekam e-KTP Warga Binaan di Lapas Tembilahan

Perekaman e-KTP warga binaan Lapas Tembilahan sesuai dengan surat edaran Mendagri, agar dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Disdukcapil Inhil Rekam e-KTP Warga Binaan di Lapas Tembilahan
tribunpekanbaru
Kepala Disdukcapil Inhil, Ahmad Ramani, didampingi Ketua KPU Inhil Nahrawi, serta pihak Lapas Tembilahan, sosialisasi dan pendataan awal warga binaan untuk perekaman e-KTP, Rabu (16/1) lalu. 

tribunpekanbaru.com – Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), mendatangi Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas II A Tembilahan di Jalan Prof M Yamin Tembilahan, Rabu (16/1) lalu.

Kehadiran Kepala Disdukcapil Kabupaten Inhil, Ahmad Ramani, didampingi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indragiri Hilir, Nahrawi, di Lapas tersebut, untuk melaksanakan sosialisasi dan pendataan awal warga binaan guna perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e–KTP).

Kepala Disdukcapil Inhil, Ahmad Ramani menyebutkan, kunjungan ke Lapas Tembilahan sesuai edaran Menteri Dalam Negeri yang menyatakan perekaman e-KTP untuk warga binaan dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada 17-19 Januari 2019.

“Kegiatan ini untuk mengakomodir warga binaan di Lapas Tembilahan, sekaligus menyambut momen penting di negara kita yakni Pemilu 17 April mendatang,” terang Ahmad Ramani.

Dijelaskan, dari data sementara tercatat 135 warga binaan tidak punya data, 43 warga binaan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), serta 28 warga binaan siap dicetak e-KTP.

Lebih rinci, perwakilan Lapas Tembilahan, Irmaita, menerangkan, dari 135 orang tersebut, 7 orang memiliki e–KTP dan Kartu Keluarga (KK). Menurutnya, pihak Lapas akan terus merekap semua data warga binaan untuk mempermudah perekaman.

“Bagi warga binaan yang tidak mengetahui NIK, Lapas berkoordinasi dengan pihak keluarga dengan memberikan nomor WhatsApp, agar pihak keluarga bisa mengirimkan NIK atau photo KK warga binaan melalui WhatsApp,” terangnya.

Kepala Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhil, Nahrawi, mengapresiasi perekaman yang dilakukan Disdukcapil Lapas Tembilahan pada 17-19 Januari. Menurutnya, sinergisitas ini perlu terus dibangun dalam menyelesaikan masalah-masalah untuk suksesnya Pemilu 2019 di Inhil.

“Dengan proses perekaman ini, kita harap warga Lapas dapat menyalurkan hak pilih pada Pemilu 2019, April mendatang,” tuturnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved