Bengkalis

Program Pelayanan Paspor Simpatik Disambut Antusias Masyarakat Bengkalis

Program layanan Paspor Simpatik dilaksanakan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis mendapat antusias warga.

Program Pelayanan Paspor Simpatik Disambut Antusias Masyarakat Bengkalis
Tribun Pekanbaru/Muhammad Natsir
Pelayanan Paspor di kantor Imigrasi Bengkalis di hari kerja beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Program layanan Paspor Simpatik dilaksanakan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis mendapat antusias warga yang membuat paspor dan memperpanjang paspor di Bengkalis. Pasalnya selama di buka pelayanan Paspor simpatik ini jumlah masyarakat yang mengajukan permohonan ini cukup banyak.

Hal ini diungkap Kepala Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis Toto Suryanto, Minggu (20/1/2019). Pelayanan Paspor simpatik diselenggarakan pihak Imigrasi sejak pekan lalu.

"Menjelang peringatan hari Bhakti Imigrasi ke 69 pada tanggal 26 Januari 2019 mendatang memang kita meluncurkan program pelayanan Paspor Simpatik. Dimana pelayanan pembuatan paspor dibuka pada hari libur yakni hari Sabtu selama dua pekan sejak pekan lalu," ungkap Toto.

Baca: Kategori Kota Kecil, Pangkalan Kerinci Dapat Adipura

Meskipun sosialisasi program paspor simpatik ini tidak terlalu bomming di Bengkalis, namun antusias masyarakat cukup tinggi yang datang pada hari Sabtu untuk mengajukan pembuatan paspor. "Seperti pada pekan lalu saja ada sebanyak 16 pemohon yang datang untuk membuat paspor di hari itu, jumlah ini hampir sama banyaknya dengan jumlah pemohon di hari kerja biasanya," ungkap Toto.

Sementara itu, pada Sabtu kemarin jumlah pemohon juga cukup banyak. Bahkan jumlahnya mencapai 21 orang pemohon yang datang untuk membuat paspor.

Menurut dia, jumlah pemohon sebanyak ini bisa dikatakan wajar, karena kemungkinan mereka yang datang tidak sempat mengajukan pemohonan pada hari kerja. Untuk pelayanan paspor simpatik ini memang tidak dibatasi kuota yang mengajukan permohonan, namun jadwal penerimaan permohonan hanya sampai pukul 12.00 WIB.

Lanjut Toto, jika pelayanan paspor Simpatik ini dinilai efektif ada kemungkinanan kegiatan ini tidak hanya dilakukan pada peringatan hari bhakti Imigrasi. Bisa saja berkelanjutan setelah peringatan hari bhakti Imigrasi ke 69 tahun ini.

"Kalau ini kira kira dinilai efektif oleh pusat, ada kemungkinan setelah hari bhakti Imigrasi program pelayanan simpatik ini berkelanjutan, tapi tidak bisa kita inisiatif sendiri tunggu intruksi dari pusat," jelasnya.

Baca: Ramalan Zodiak Besok, Senin 21 Januari 2019: Rintangan Berat Bakal Datang Padamu SAGITARIUS

Menurut pandangan Toto, pelayanan pembuatan Paspor di hari Sabtu penting juga dilakukan. Guna mengurai antrian panjang pembuatan paspor di Imigrasi lain yang pada hari biasa cukup panjang.

"Seperti di daerah Jakarta, antrian online pembuatan paspornya saja sudah sampai beberapa bulan. Kalau hari Sabtu buka tentu bisa mengurai lamanya antrian pembuatan paspor di sana," tandasnya.(*)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved