Posyankum Tembilahan Berikan Konsultasi dan Pendampingan Hukum Gratis

Pengadilan Negeri (PN) Tembilahan menggandeng LBH Tembilahan mendirikan Pos Pelayan Hukum di PN Tembilahan.

Posyankum Tembilahan Berikan Konsultasi dan Pendampingan Hukum Gratis
tribunpekanbaru
Kepala PN Tembilahan, Arie Satio Rantjoko, bersama Ketua LBH Tembilahan, Jumiardi, menunjukkan Memorandum Of Understanding (MoU) pendirian Posyankum di PN Tembilahan beberapa waktu lalu. 

tribunpekanbaru.com – Masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) kini sudah bisa menikmati Pos Pelayanan Hukum (Posyankum) secara gratis, yang ada di Pengadilan Negeri (PN) Tembilahan.

Masyarakat bisa memanfaatkan konsultasi hukum secara gratis di Posyankum yang terbentuk berkat kerjasama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Tembilahan dengan PN Tembilahan ini.

Ketua LBH Tembilahan, Jumiardi SH MH menuturkan, selain memberikan pelayanan konsultasi hukum gratis untuk masyarakat, menurutnya, LBH Tembilahan juga siap memberikan pendampingan hukum gratis kepada masyarakat miskin.

“Terimakasih atas kepercayaan PN Tembilahan yang memilih LBH Tembilahan sebagai mitra dalam memberi pelayanan hukum kepada masyarakat. LBH Tembilahan akan memanfaatkan kesempatan dan kepercayaan yang diberikan untuk memberikan layanan konsultasi dan bantuan hukum dengan maksimal kepada masyarakat,” ujarnya Senin (21/1).

Jumiardi menjelaskan, meskipun antara konsultasi hukum dengan pendampingan hukum itu berbeda, namun pihaknya tetap siap memberikan dua bentuk layanan tersebut.

“Memang dalam MoU (nota kesepahaman) hanya untuk konsultasi hukum saja, akan tetapi bagi masyarakat miskin, LBH Tembilahan siap memberikan layanan konsultasi dan pendampingan hukum dengan catatan melampirkan surat keterangan miskin dari desa atau kelurahan, kemudian diketahui camat setempat,” terangnya.

Dikatakan, pihaknya juga memerlukan dukungan media untuk membantu menyosialisasikan Posyankum ini, agar pelayanan hukum gratis dapat diketahui seluruh masyarakat Kabupaten Inhil. “Sehingga yang ingin konsultasi hukum dapat dilayani LBH Tembilahan. Bagi masyarakat jangan sungkan mengadu ke LBH Tembilahan, kami siap memberikan pelayanan konsultasi hukum secara gratis,” tambahnya.

Posyakum ini akan buka pada jam kerja yaitu Senin sampai Kamis, dan setiap harinya akan ada dua orang advokat yang bertugas memberikan pelayanan hukum.

“Posyankum hanya menerima layanan hukum secara langsung di PN Tembilahan. Kami imbau masyarakat jangan ragu berkonsultasi ke kami, apapun permasalahannya,” katanya lagi.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pendirian Posyakum antara PN Tembilahan dan LBH Tembilahan digelar di PN Tembilahan, Jumat (18/1) siang lalu. Penandatanganan MoU ini dilakukan langsung Kepala PN Tembilahan, Arie Satio Rantjoko SH MH, bersama Ketua LBH Tembilahan, Jumiardi SH MH.

Kepala PN Tembilahan menjelaskan, petugas pemberi layanan hukum adalah advokat atau sarjana hukum yang bertugas di layanan Posyankum. Pada tahun ini dipercayakan kepada LBH Tembilahan sebagai pelaksananya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada LBH Tembilahan yang telah bersedia memberi konsultasi hukum pada Posyankum di PN Tembilahan Kelas II. Ini suatu cara membantu masyarakat Inhil di bidang penanganan hukum,” tutur Arie.

Bentuk bantuan hukum yang bisa didapat masyarakat di Posyankum ini di antaranya informasi, konsultasi, atau saran hukum, bantuan pembuatan dokumen hukum, penyediaan informasi daftar organisasi hukum sebagaimana dimaksud UU No 16 tahun 2011 tentang bantuan hukum atau organisasi bantuan hukum atau advokat lainnya yang dapat memberikan hukum secara cuma-cuma. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved