Indragiri Hilir

Potensinya Besar, Inhil Akan Jadi Kluster Kelapa Nasional

Pemerintah pusat akan menjadikan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sebagai kluster kelapa nasional

Potensinya Besar, Inhil Akan Jadi Kluster Kelapa Nasional
Humas Setda Inhil
Bupati HM Wardan didampingi Sekda Inhil H. Said Syarifuddin berdiskusi bersama Perwakilan Kemenristik Dikti. 

Laporan Wartawan Tribuntembilahan.com : T. Muhammad Fadhli.

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, JAKARTA – Pemerintah pusat akan menjadikan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sebagai kluster kelapa nasional, mengingat potensi perkelapaan yang begitu besar di negeri hamparan kelapa tersebut.

Hal ini diutarakan oleh Dirjen Kemenristek Dikti Dr Ir Jumain Appe MSi saat menggelar audiensi antara Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) RI dan Bupati Inhil HM Wardan di Ruang Rapat Hotel Mercure Pantai Indah Ancol, Jakarta Utara Jum'at (18/1/19).

“Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan turunan kelapa yang ada di Kabupaten Inhil, Kedepan Kabupaten Inhil akan dijadikan Klaster Kelapa di Indonesia dengan 3 hal. Yakni mendorong kreativitas, melakukan inovasi, interpreneurship,” ungkap Dr Ir Jumain Appe MSi.

Baca: 10 Skill Ini Paling Dibutuhkan Perusahaan di Tahun 2019

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, semua bagian dari kelapa bisa dimanfaatkan, mulai dari daging sampai pohonnya.

Untuk itu pihaknya akan mendorong kelapa menjadi produk unggulan nasional dengan memberikan pengetahuan kepada masyarakat sehingga bisa menguntungkan ekonomi masyarakat dengan tujuan mendorong kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan konsep dari hulu hingga hilir.

“Kemenristek Dikti RI akan mendorong daerah-daerah yang berpotensi bisa dikembangkan kedepannya, bagaimana secara bersama-sama membangun perkelapaan di Inhil yang unggul di masa yang akan datang,” tuturnya.

Baca: Transfer Pemain: Tak Ada Nama Gonzalo Higuain di Skuat AC Milan!

Dalam audiensi ini pihak Kemenristik juga diwakili Direktur Jendral Inovasi dan Penguatan, Kasubdit Kemitraan Strategis dan Wahana Inovasi Kemenristek Dikti.

Sementara itu, Bupati HM Wardan didampingi Sekda, Asisten II, Kepala Bappeda beserta Kabid, Kadis Koperasi dan UKM, Kadis Perkebunan, Plt. Kadis Perindag, Kabag Ekonomi dan SDA serta Kasubbag. (*)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved