Hasil Tes 10 Calon Komisioner KPU Riau Pekan Depan Sudah Diketahui

Hasil uji kelayakan yang diikuti 10 calon komisioner KPU Riau baru akan diketahui pada pekan depan.

Hasil Tes 10 Calon Komisioner KPU Riau Pekan Depan Sudah Diketahui
tribunpekanbaru
Staf KPU Riau menunggu di depan ruangan tempat para calon komisioner KPU menjalani fit and propert test di Hotel Pangeran, Pekanbaru, Selasa (22/1). 

tribunpekanbaru.com - Komisioner KPU bidang Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Pengembangan SDM, serta Divisi Umum Rumah Tangga dan Organisasi, Sri Rukmini, memperkirakan calon Komisioner KPU Riau sudah bisa diketahui pada pekan depan.

Selasa kemarin ada dua Komisioner KPU RI yang melakukan fit and propert test tersebut kepada para calon di Pekanbaru. Kedua Komisioner KPU RI tersebut langsung balik ke Jakarta begitu fit and propert test yang digelar di Hotel Pangeran selesai. Hasil tes tersebut akan dibahas di Jakarta, sehingga diperkirakan baru pekan depan hasilnya diketahui.

"Fit and propert test berlangsung sejak pukul 09.00 WIB hingga sore hari. Ada 10 calon Komisioner KPU Riau yang menjalani tes tersebut," ujar Sri Rukmini, Selasa (22/1).

Tes tersebut dilakukan untuk menjaring 5 dari 10 peserta yang dinilai patut dan layak menjabat komisioner lembaga penyelenggara Pemilu tersebut. Kelima calon komisioner terbaik nantinya akan menggantikan Komisioner KPU Riau yang telah habis masa jabatannya.

Sebelumnya, ada 10 nama calon komisioner yang masuk meja KPU RI dan menjalani fit and propert test. Mereka merupakan hasil penjaringan Tim Seleksi Calon Komisioner KPU Riau pada Desember 2018 lalu, bersamaan dengan 10 nama calon Komisioner KPU untuk kabupaten dan kota.

"Ada dua Komisioner dari KPU RI yang melakukan tes untuk mencari lima yang terbaik. Tes ini digelar secara tertutup," ujar Sri lagi.

Sebelumnya, ke-10 calon Komisioner KPU Riau telah menjalani serangkaian tes, sebelum akhirnya mengikuti fit and propert test atau uji kelayakan.

Sepuluh calon Komisioner KPU Riau yang menjalani uji kelayakan itu adalah Abdul Rahman, Alnofrizal, Tengku Edy Sabli, Firdaus, Ilham Muhammad Yasir, Joni Suhaidi, Khery Sudeska, Nugroho Noto Susanto, Saut Maruli Tua Manik, dan Yasrif Yakup Tambusai. (gbw)

Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved