Ribuan Kotak suara Alumunium di Kalsel Dimusnahkan, Ini Alasannya

Total terdapat 2.537 kotak suara Pemilu yang dimusnahkan. Pemusnahan dilakukan dengan cara menggunakan alat berat baby roller.

Ribuan Kotak suara Alumunium di Kalsel Dimusnahkan, Ini Alasannya
Tribunpekanbaru/dodivladimir
Petugas sedang memasukkan kotak suara yang berisikan surat suara dan kelengkapan logistik untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 kedalam truk di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru, Senin (25/6/2018). Pendistribusian ini akan dilakukan ke 12 Kecamatan di Kota Pekanbaru. Pendistribusian akan ditandai dengan pelepasan secara simbolis oleh jajaran KPU Pekanbaru, Panwaslu dan Pihak Pengamanan. Ada 1.798 kota suara yang akan didistribusikan sesuai jumlah TPS yang ada di Pekanbaru. 

KALSEL,TRIBUN-Komisi Pemilihan umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (23/1) memusnahkan kotak suara alumunium sisa Pilpres sebelumnya.

Total terdapat 2.537 kotak suara Pemilu yang dimusnahkan. Pemusanhan dilakukan dengan cara menggunakan alat berat baby roller.

Ketua KPU Hulu Sungai Tengah, Johansyah di Barabai, Selasa (23/1), menyampaikan kotak suara seberat 8.879,5 kg itu merupakan proyek pengadaan logistik Pemilu tahun 2004 dan telah dilelang melalui KPKNL Banjarmasin.

Penghancuran itu merupakan perintah dari Sekretariat KPU RI kepada jajaran sekretariat KPU di daerah untuk melakukan pelelangan barang milik negara.

Proses lelang telah dilaksanakan pada Selasa (8/1) lalu dengan penawaran closed bidding dan boleh perorangan mengikuti dengan jaminan penawaran sebesar Rp 32 juta.

Lelang akhirnya dimenangkan oleh perorangan atas nama Kituk Setiahadi dari jakarta dengan nilai penawaran sebesar Rp 117 juta yang rencananya akan diangkut ke pulau Jawa.

"Untuk memudahkan pengangkutan makanya pihak pemenang lelang tersebut menghancurkan dan menggilas kotak suara menggukan alat berat baby roller," kata Johansyah.

Menurutnya, kotak suara yang akan digunakan pada pemilu 2019 terbuat dari kardus dan logistiknya sudah datang di Kota Barabai.
"Kotak suara yang nantinya digunakan pada Pemilu nanti terbuat dari kardus," tuturnya.

Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved