Rokan Hulu

BUMDes Damai Mandiri Tekan Tunggakan Nasabah dari Rp 80 Juta Jadi Rp 30 Juta

BUMDes Damai Mandiri mengalami peningkatan cukup signifikan, seperti halnya tunggakan nasabah, bisa ditekan dari Rp 80 juta menjadi Rp 30 juta.

BUMDes Damai Mandiri Tekan Tunggakan Nasabah dari Rp 80 Juta Jadi Rp 30 Juta
istimewa
Camat Ujung Batu Arie Gunadi menghadiri MPTB BUMDes Mandiri Damai di halaman kantor Desa Sukadamai, Kamis (24/01/2019). 

TRIBUNIROHUL.COM,PASIRPANGARAIAN - BUMDes Damai Mandiri Desa Sukadamai memiliki program bersentuhan langsung dengan warga kurang mampu.

Direktur Bumdesa, Fitra Yandi mengungkapkan, kontribusi dana rumah tangga miskin merupakan kegiatan rutin yang betul-betul dirasakan warga setempat.

Selain itu pihaknya juga selalu aktif menyalurkan dana sosial buat anak yatim dan panti jompo.

Di 2018, BUMDes Damai Mandiri mengalami peningkatan cukup signifikan, seperti halnya tunggakan nasabah, bisa ditekan dari Rp 80 juta menjadi Rp 30 juta.

"SHU juga naik signifikan, tahun 2017 Rp 48 juta, tahun 2018 Rp 65 juta, jadi ada kenaikan Rp17 juta," katanya di acara MPTB BUMDes Mandiri Damai di halaman kantor Desa Sukadamai, Kamis (24/1).

Pj Kades Sukadamai Safri SE dalam laporannya menjelaskan, secara terinci perkembangan keuangan modal kerja BUMDes per 31 Desember 2018, dan laporan perkembangan keuangan pinjaman konsumtif.

Camat Ujung Batu, Arie Gunadi SSTP meminta BUMDes bisa mengembangkan bidang usaha yang berorientasi bisnis masa depan, misalnya waserda.

Dia meyakini, BUMDes bisa berinovasi meningkatkan pendapatan bukan hanya dari bidang usaha simpan pinjam. Meski diakuinya, kendala yang sering dialami pihak badan usaha adalah keterbatasan modal.

"Kita harapkan kepala desa yanh baru bisa menyisihkan dana desa membantu permodalan usaha BUMDes. Tapi pengelola juga harus siap membuka bidang usaha selain simpan pinjam," harapnya. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved