Dewan Pers Pastikan Tindaklanjuti Laporan BPN Terkait Tabloid Indonesia Barokah

Dewan Pers tengah mengkaji isu terkait obyektivitas atau keberimbangan dari pemberitaan tabloid tersebut.

Dewan Pers Pastikan Tindaklanjuti Laporan BPN Terkait Tabloid Indonesia Barokah
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Tabloid Indonesia Barokah yang isinya memojokkan pasangan calon Presiden Wakil Presiden Nomor Urut 02. 

TRIBUNPEKANBARU.COM,JAKARTA-Anggota Dewan Pers, Nezar Patria mengungkapkan pihaknya tengah mempelajari aduan dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terhadap Tabloid Indonesia Barokah

Menurutnya, Dewan Pers tengah mengkaji isu terkait obyektivitas atau keberimbangan dari pemberitaan tabloid tersebut.

"Semua anggota dewan pers memelajari, kemungkinan ada rapat untuk berikan penilaian terhadap Tabloid Indonesia Barokah. Hasil sementara sebelum pendalaman belum terlihat fitnah menjurus ke hoax atau selebaran kebencian tapi lebih ke soal keberimbangan," kata Nezar.

Ia memastikan, aduan BPN Prabowo-Sandi akan direspon dengan memanggil kedua belah pihak untuk klarifikasi. Dewan Pers juga akan melakukan pengecekan apakah artikel yang dimuat dalam tabloid tersebut merupakan produk jurnalistik atau bukan.

"Kami jamin akan objektif melepaskan dari unsur-unsur politik. Tempatkan keduanya sebagaimana aturan-aturan di dewan pers. Kami juga memastikan apa alamat perusahaan sesuai tercantum, pengecekan sengan berjalan, coba uki setiap artikel apa memenuhi standar jurnalistik," paparnya.

Nezar menambahkan, pihaknya akam memanggil perwakilan dari sejumlah partai politik untuk mendengar pendapat mereka.

"Gugatan arahnya ke mana juga sedang dipelajari, apa pelanggaran pemilu ke Bawaskan, atau pelanggaran UU pers. Setelah pokja bekerja, kita akan minta pendapat sejumlah partai tentang tabloid ini nanti ada rapat terkait itu," tegasnya.(*)

Editor: Ilham Yafiz
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved