Tembilahan

Oknum Kades Diduga Lakukan Tindak Pidana Pemilu, Bawaslu Inhil Limpahkan Berkas ke PN Tembilahan.

Pelanggaran tindak pidana pemilu 2019 ini dilakukan oleh seorang oknum Kepala Desa di Kecamatan Pelangiran Kabupaten Inhil.

Oknum Kades Diduga Lakukan Tindak Pidana Pemilu, Bawaslu Inhil Limpahkan Berkas ke PN Tembilahan.
NET
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribuntembilahan.com : T. Muhammad Fadhli.

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, TEMBILAHANBawaslu Inhil telah melakukan semua proses yang berkaitan dengan hasil tangkapan Pengawas Pemilu Desa Teluk Sungka di Desa Teluk Sungka Kecamatan Gaung Anak Serka Kabupaten Inhil.

Pelanggaran tindak pidana pemilu 2019 ini dilakukan oleh seorang oknum Kepala Desa di Kecamatan Pelangiran Kabupaten Inhil.

“Kita sudah melimpahkan ke Polres dan diteruskan ke Kejaksaan. Tadi saya dapat informasi lagi sudah mau dibawa ke pengadilan untuk disidangkan,” ujar M. Dong, Ahad (27/1/2019).

Lebih lanjut M. Dong menjelaskan, pelanggaran yang dilakukan oleh oknum kades adalah diduga ada upaya akan melakukan mobilisasi massa dan pengawas yang ada di lapangan.

Baca: STOP PRESS, KPU Riau Sampaikan Tak Punya KTP Elektronik Maka Tak Bisa Nyoblos Saat Pemilu 2019 Nanti

Baca: Oknum Timses Caleg di Tembilahan Bagi-bagi Baju Muslim Akan Dilaporkan ke Bawaslu Inhil Hari Ini

Namun naas, pergerakan oknum Kades tersebut terpantau petugas Pengawal Pemilu melalui bukti rekaman video amatir.

"Sudah ada indikasi untuk mobilisasi massa yang berdampak akan menguntungkan salah satu calon dan merugikan calon lainnya dan ini termasuk pelanggaran,” tegas M. Dong.

Terkait dengan proses selanjutnya, menurutnya, Bawaslu Inhil menyerahkan proses sepenuhnya kepada pihak pengadilan serta terus mengikuti sampai nanti ada keputusan dari pihak pengadilan.

“Kita hanya bisa memenuhi apa yang menjadi tugas kami. Jika diputuskan bersalah tetap harus menjalani pidana. Jabatannya selaku Pemerintah Desa tergantung kepada pemerintah daerah yang berkompeten menanggapi," tutup M. Dong.

Sementara itu Sidang perdana tindak pidana pemilu ini akan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tembilahan, Senin (28/1/2019).

Baca: Bawaslu Inhil Wanti-wanti Wakil Rakyat Inhil agar Tidak Kampanye Saat Reses

Baca: Bawaslu Inhil Ingatkan Netralitas ASN di Media Sosial

“Khusus untuk sidang tindak pidana pemilu ini akan putusannya cepat dalam satu minggu, kamis atau jum’at akan selesai dan diputuskan,” pungkasnya.(*)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved