Bengkalis

Tim TP PKK Siak Kecil Terbaik dalam Pelaksanaan IVA Test se Riau

Tim penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Siak Kecil berhasil menjadi yang terbaik se provinsi Riau

Tim TP PKK Siak Kecil Terbaik dalam Pelaksanaan IVA Test se Riau
Istimewa
Kasmarni Ketua TP PKK Bengkalis saat mengunjungi pelaksanaan IVA Test Siak Kecil Beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Tim penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Siak Kecil berhasil menjadi yang terbaik se provinsi Riau mewakili Tim TP PKK Bengkalis dalam lomba pelaksanaan IVA Test untuk pendeteksian Kanker Serviks seluruh PKK Kabupaten di Riau.

Sehingga Tim PKK ini menjadi wakil Provinsi Riau dalam lomba Pelaksanaan IVA Test tingkat Provinsi.

Hal ini diungkap Kasmarni Ketua PKK Bengkalis kepada awak media, Jumat (25/1/2019) petang.

Menurut dia, Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras seluruh pengurus elemen yang terkait dalam memperbaiki paradigma yang ada pada masyarakat dalam pelaksanaan IVA Test di kecamatan Siak Kecil.

Baca: Diajak Selamatkan Diri Saat Kapal Tenggelam di Perairan Bengkalis, KKM Malah Kunci Diri di Kamarnya

Baca: Polisi Selidiki Penyebab Kapal Pengangkut Semen Tenggelam di Perairan Tanjung Jati

Perbaikan paradigma dimaksud bertujuan agar kaum wanita lebih antusias mencegah Kanker Serviks melalui rangkaian IVA Test yang dilaksanakan di setiap kecamatan. Diakui Kasmarni, upaya pengendalian kanker di daerah ini memang tidak mudah.

Satu diantara penyebabnya karena ketidaktahuan masyarakat dalam mengenali gejala kanker. Kemudian, keengganan untuk memeriksakan kesehatan secara rutin adalah juga merupakan penyebanya.

"Oleh sebab itu, melalui kerjasama dengan berbagai stakeholder terkait, TP PKK Bengkalis terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Melaksanakan IVA Test gratis serta tiap melombakan pelaksanaan kegiatan IVA Test ini antar TP PKK Kecamatan," jelas Kasmarni.

Menurut Kasmarni, kontribusi yang diberikan kader TP PKK Siak Kecil sehingga berhasil menangkan lomba pelaksanaan IVA Test tingkat provinsi yakni berupa selalu aktif dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan IVA Test ini. Khususnya kaum wanita di Siak Kecil.

"Hampir 78 persen Wanita Usia Subur (WUS) dan sudah menikah di Siak Kecil telah melakukan deteksi kanker serviks dengan metode IVA test," terangnya.

Baca: Jadwal Live Streaming Iran Vs Jepang di Semifinal Piala Asia 2019 (AFC Asian Cup), Live Foxsport

Angka ini melebihi target nasional yang memberikan target sebesar empat puluh persen WUS di setiap kecamatan melakukan IVA test. Atas keberhasilan ini, pada tahun 2018 Siak Kecil menjadi yang terbaik di tingkat Kabupaten Bengkalis dan Provinsi Riau.

Terkait keberhasilan TP PKK Siak Kecil mewakili Provinsi Riau ke lomba IVA Test tingkat nasional, Kasmarni berharap hal ini dapat menjadi motivasi bagi TP PKK 10 kecamatan lainnya di daerah ini. Sehingga ke depan dapat meraih prestasi serupa dalam pelaksanaan IVA Test di tingkat Kecamatan sebagai bentuk pencegahan kanker serviks.

"Mohon doa dan dukungannya agar TP PKK Kecamatan Siak Kecil juga dapat menjadi yang terbaik di tingkat nasional," harap Kasmarni. (*)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved