Bertugas Sosialisasikan Pemilu 2019, KPU Pelalawan dan Bengkalis Kukuhkan Relawan Demokrasi

Para relawan akan bertugas menyosialisasikan pemilu ke basis sasaran masing-masing.

Bertugas Sosialisasikan Pemilu 2019, KPU Pelalawan dan Bengkalis Kukuhkan Relawan Demokrasi
tribunpekanbaru
KPU Pelalawan mengukuhkan 55 Relawan Demokrasi sekaligus memberikan bimbingan teknis pada Selasa (29/1). 

tribunpekanbaru.com - KPU Kabupaten Pelalawan mengukuhkan Relawan Demokrasi yang jumlahnya juga 55 orang. Pengukuhan ini dilaksanakan di sebuah hotel di Pangkalan Kerinci, Pelalawan.

"Tadi pagi (kemarin) kita kukuhkan Relawan Demokrasi untuk Pemilu 2019," kata Ketua KPU Pelalawan, Asmadi, Selasa (29/1).

Relawan tersebut terdiri dari berbagai basis, seperti basis keagamaan, disabilitas, perempuan, pemilih pemula, dan lainnya.

Diharapkan, para relawan ini nantinya mengampanyekan pelaksana Pemilu pada April nanti. Para relawan ini nantinya akan bergerak pada basis-basis mereka.

"Targetnya sosialisasi Pemilu lebih mengena, dan harapan kita partisipasi masyarakat tinggi untuk ikut serta pada pemilu nanti," ujar Asmadi.

Bukan hanya pengukuhan, KPU Pelalawan saat itu juga langsung melaksanakan bimbingan teknis kepada para relawan. Sehingga mereka bisa lebih efektif dalam menyosialisasikan Pemilu. "Semoga ini berjalan sangat efektif. Apalagi dalam perjalanannya, akan bertambah anggota setiap basis," terangnya.

KPU Bengkalis
Sebelumnya, KPU Bengkalis juga mengukuhkan 55 orang Relawan Demokrasi di sebuah hotel di Bengkalis, pada Senin (28/1) sore lalu. Relawab Demokrasi ini dikukuhkan Ketua KPU Bengkalis, Defitri Akbar, didampingi tiga Komisioner yaitu Elmiawati Safarina, Khairul Saleh, dan Syuib Usman, serta unsur Sekretariat KPU Bengkalis.

Defitri Akbar mengatakan, Pemilu 2019 nanti merupakan Pemilu paling sibuk di banding sebelumnya. Dengan dibentuknya Relawan Demokrasi ini, diharapkan bisa membantu KPU melakukan sosialisasi maupun pemantauan tahapan Pemilu, dan dapat meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu serentak, April mendatang.

Dikatakan, pembentukan Relawan Demokrasi pernah dilakukan pada Pemilu tahun sebelumnya. Namun Relawan Demokrasi tahun ini sedikit berbeda dalam tugas. Nantinya, 55 orang relawan ini akan tersebar di 11 kecamatan di Bengkalis dan bertugas menyosialisasikan Pemilu 2019 dengan beberapa kelompok sasaran yaitu kelompok pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih disabilitas, pemilih keagamaan, serta masyarakat pinggiran.

KPU berharap, keberadaan relawan mampu membantu KPU meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019. "Target kita partisipasi pemilih pada pemilu ini mencapai angka 78,9 persen," tambahnya.

Lebih lanjut, Defitri menyebut, Gerakan Relawan Demokrasi merupakan kegiatan sosial bukan politik. Namun sasaran yang dituju mengarah kepada politik. (pis/sir)

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved