Indragiri Hulu

Hasil Rapat tak Memuaskan, Pengakuan Masyarakat Adat Talang Mamak di Inhu Temui Jalan Buntu

Rapat terakhir pembahasan pengakuan masyarakat adat Talang Mamak di Inhu menimbulkan kekecewaan.

Hasil Rapat tak Memuaskan, Pengakuan Masyarakat Adat Talang Mamak di Inhu Temui Jalan Buntu
Tribun Pekanbaru/Bynton Simanungkalit
Sekda Inhu, Hendrizal memimpin rapat penyelesaian konflik antara PT BRS dan Koperasi Tiga Serumpun, Jumat (10/8/2018). 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT- Rapat terakhir pembahasan pengakuan masyarakat adat Talang Mamak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menimbulkan kekecewaan.

Rasa kecewa dirasakan pengurus Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Inhu dan perwakilan Masyarakat Talang Mamak serta perwakilan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pekanbaru.

Pasalnya, hasil rapat terakhir di ruang rapat lantai empat kantor bupati, Senin (28/1) sore itu tidak memberikan jawaban memuaskan.

Sejak dibentuk pada Januari 2018, panitia dinilai tidak efektif dan akan berakibat buntunya pengakuan masyarakat adat Talang Mamak melalui SK Bupati Inhu.

Rapat dipimpin oleh Sekda Inhu, Hendrizal didampingi sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), diantaranya Kadistankan, Plt Kadisdikbud, Kadis Lingkungan Hidup, perwakilan Bappeda, Plt Kadisadmindukcapil, dan Kabag Pertanahan.

Sesuai agenda, dilakukan evaluasi kerja kepanitiaan yang sudah setahun dibentuk oleh Pemkab Inhu berkenaan dengan pengakuan masyarakat adat Talang Mamak.

Masing-masing pimpinan OPD menyampaikan pendapat seputar program pelayanan yang berjalan, khususnya bagi masyarakat Talang Mamak.

Namun saat penyampaian oleh perwakilan OPD, tidak satupun menjawab kinerja panitia.

Sekda Hendrizal sempat menyampaikan sejumlah pendapat berkenaan dengan kerja panitia.

Diantaranya, Pemkab Inhu telah melakukan identifikasi dan mengumpulkan peta yang disebut masuk ke dalam wilayah adat Talang Mamak.

Halaman
123
Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved