KPU: Gudang di Seluruh kabupaten/kota di Riau Siap Tampung Kertas Suara Pemilu

Selain menampung kertas suara, kegiatan pelipatan surat suara juga akan dilakukan di gudang tersebut.

KPU: Gudang di Seluruh kabupaten/kota di Riau Siap Tampung Kertas Suara Pemilu
ist
Logo KPU 

tribunpekanbaru.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Nurhamin, mengatakan, saat ini seluruh gudang penyimpanan logistik Pemilu di kabupaten/kota di Riau, sudah siap menampung kertas surat suara yang masih dalam proses pencetakan di Kudus, Jawa Tengah.

"Kalau untuk gudang, semuanya sudah siap di kabupaten/Kkta. Bahkan sudah kami lakukan peninjauan kesiapan, dan semuanya sudah siap," ujar Nurhamin kepada Tribun, Selasa (29/1).

Gudang yang disiapkan di daerah, juga sudah dilengkapi dengan personel dan manajemen gudang yang berfungsi menjaga seluruh logistik di sana. "Kalau untuk menampung dan dilakukan pemeriksaan serta pelipatan sebelum didistribusikan, cukup tempatnya. Karena gudang yang tersedia cukup besar juga," jelasnya.

Nurhamin menyampaikan di gudang nantinya juga akan disortir secara detail dan lengkap kertas suara yang tidak bisa dipakai karena berbagai kondisi seperti rusak. "Kami juga sudah rekrut petugas untuk gudang, termasuk nantinya yang akan melakukan pemeriksaan dan selanjutnya pelipatan juga dilakukan di sana," jelasnya.

Untuk proses pendistribusian langsung dari Jawa Tengah ke kabupaten/kota, diperkirakan pada Maret mendatang paling lambat, bahkan bisa jadi dilakukan Februari. Sedangkan untuk distribusi ke daerah pemungutan suara pada April, beberapa hari jelang pencoblosan dilakukan.

Untuk proses pencetakan, menurut Nurhamin, khusus untuk Riau akan dilakukan awal Februari atau akhir Januari ini. "Nanti akan dipanggil kami dari KPU dan yang terkait untuk menyaksikan sebelum cetak. Jika masih ada yang perlu diperbaiki, maka masih ada kesempatan terakhir sebelum cetak," jelasnya. (uha)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved