Mulai 8 Februari 2019, Maskapai Citilink Akan Berlakukan Bagasi Berbayar

Mulai 8 Februari 2019, Citilink Indonesia akan memberlakukan biaya bagasi untuk setiap penerbangan domestiknya.

Mulai 8 Februari 2019, Maskapai Citilink Akan Berlakukan Bagasi Berbayar
Net
Pesawat Citilink di udara 

Laporan wartawan tribunpekanbaru.com, Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Mulai 8 Februari 2019, Citilink Indonesia akan memberlakukan biaya bagasi untuk setiap penerbangan domestiknya.

Kebijakan Maskapai Berbiaya Hemat (LCC) tidak terlepas demi mewujudkan persaingan yang sehat antar perusahaan penerbangan di tanah air.

Direktur Niaga Citilink Indonesia Benny Rustanto melalui keterangan tertulisnya yang tribunpekanbaru.com terima pada Senin (28/1/2019), menjelaskan bahwa langkah ini adalah bagian dari peningkatan kualitas layanan prima maskapai kepada pelanggan yang selama ini telah setia terbang bersama Citilink ke berbagai destinasi.

Ketatnya persaingan di industri transportasi udara, juga menjadi alasan perusahaan memeberlakukan harga bagasi.

Benny menegaskan, bagasi tercatat ini hanya akan diberlakukan untuk penerbangan domestik saja. Tidak berlaku untuk penerbangan Internasional.

"Rute internasional serta penumpang yang telah menjadi member Supergreen dan Garudamiles atau penumpang yang membeli “Green Seat” akan tetap mendapatkan gratis bagasi 10 kilogram bagasi," terangnya.

Benny menambahkan, ketentuan ini diberlakukan sesuai Pasal 22 butir C PM 185 Tahun 2015. Citilink Indonesia sebagai maskapai dengan pelayanan "no frills" (pelayanan dengan standar minimum), dapat mengenakan biaya untuk pengangkutan bagasi tercatat.

Baca: Citilink Berlakukan Potongan Harga Bagasi 40 Persen, Begini Caranya

Baca: Ngamuk Bawa Parang hingga Tinggal Oleh-oleh, Reaksi Penumpang Ogah Bayar Kelebihan Bagasi Lion Air

Baca: Pedagang Grosiran di Pekanbaru Tak Ambil Pusing dengan Kenaikan Bagasi Pesawat, Ini Alasannya

Demi kenyamanan penumpang, Citilink Indonesia saat ini masih terus mensosialisasikan kebijakan ini sampai pada tanggal berlakunya bagasi berbayar. Sosialisasi dilakukan kepada pihak internal dan eksternal, melalui berbagai media di tanah air.

"Kita juga memasang banner pemberitahuan di setiap counter check in bandara dan announcement oleh awak kabin sehingga seluruh penumpang Citilink Indonesia mendapatkan informasi dengan baik," jelasnya.

"Kita berharap ketentuan ini berjalan dengan baik," ulasnya.

Ia juga menambahkan, khusus bagi penumpang yang telah membeli tiket penerbangan sebelum tanggal 8 Februari 2019, masih berhak mendapatkan fasilitas bagasi gratis hingga 20 kilogram. Meski jadwal terbang melewati tanggal tersebut.

Bahkan penumpang juga diperbolehkan membawa barang ke kabin dalam secara gratis dengan maksimal 7 kilogram dengan dimensi 58cm x 46cm x 23cm.

"Teruntuk member Citilink Citisport akan mendapatkan gratis 20 kilogram untuk perlengkapan olah raga (sports equipment) dan gratis tambahan 10 kilogram untuk bagasi tercatat. Penumpang Citilink Indonesia juga dapat membeli paket bagasi sebelum keberangkatan untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau dengan potongan harga sampai dengan 40 persen. Dibeli di website resmi Citilink paling lambat Empat jam sebelum berangkat," paparnya. (*)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved