Pelalawan

Banjir, PUPR Pelalawan Sebut Drainase Pangkalan Kerinci akan Diperbaiki

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pelalawan mengakui drainase di Pangkalan Kerinci masih perlu perbaikan.

Banjir, PUPR Pelalawan Sebut Drainase Pangkalan Kerinci akan Diperbaiki
Istimewa
Sampan warga terbawa banjir di Jalan Pemda, Pangkalan Kerinci. 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Palti Siahaan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pelalawan mengakui drainase di Pangkalan Kerinci masih perlu perbaikan.

Apalagi saat ini pembangunan air belum lancar antar drainase.

"Memang perlu perbaikan drainase di Pangkalan Kerinci itu. Tahun ini akan diperbaiki," kata Kadis PUPR Pelalawan Hasan Tua melalui Kabid Bina Marga Hardian Saputra, Rabu (30/1/2019).

Baca: Drainase Buruk, Sampan Milik Warga di Pangkalan Kerinci Sampai Terbawa Banjir

Dikatakannya, kemajuan pembangunan di ibu kota kabupaten Pelalawan tersebut selama ini tidak dibarengi dengan pembangunan drainase yang baik. Pembangunan drainase hanya sebatas ada namun tidak saling berkaitan.

Keadaan diperparah beberapa rumah atau rumah toko yang langsung berhadapan dengan jalan. Sehingga untuk drainase tidak ada lagi.

Dinas PUPR sendiri menganggarkan Rp 6,5 miliar untuk perbaikan drainase tahun ini. Dana resensi masuk di APBD murni dan hanya untuk drainase di Pangkalan Kerinci.

"Fokusnya ke Pangkalan Kerinci sebagai ibu kota kabupaten," ujarnya.

Pihaknya sendirian sudah punya perencanaan. Drainase yang pemukiman penduduk sebagai akan bermuara ke Sungai Kerinci. Sebagian lagi ke Sungai Kampar.

Baca: VIDEO: Detik-detik Banjir Besar & Badai Pasir Terjang Arab Saudi, Arus Deras Hanyutkan Mobil

Bila antar drainase terhubung dan tidak ada gangguan ke muaranya, ia yakin tidak akan ada lagi banjir di Pangkalan Kerinci.

Ia pun berharap peran masyarakat juga terlibat kala perbaikan drainase nanti. Dengan terlibatnya masyarakat, perbaikan drainase akan terjadi. (*)

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved