Bengkalis

Kepala Sekolah Lebih Mudah Susun laporan Dana BOS, Disdik Bengkalis Luncurkan Aplikasi e-BOS

Dinas Pendidikan Bengkalis akan meluncurkan aplikasi e-BOS untuk pelaporan pertanggungjawaban dana BOS.

Kepala Sekolah Lebih Mudah Susun laporan Dana BOS, Disdik Bengkalis Luncurkan Aplikasi e-BOS
ist
dana BOS 

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Dinas Pendidikan Bengkalis akan meluncurkan aplikasi khusus untuk pelaporan surat pertangung jawaban penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Aplikasi yang akan diluncurkan ini bernama aplikasi e-BOS.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura, Kamis (31/1) mengatakan, sosialisasi yang dilakukan mulai dari pembuatan program sampai pelaporan penggunaan dana BOS.

"Jadi nantinya yang dientri dalam aplikasi oleh pihak sekolah akan masuk secara online langsung ke Dinas Pendidikan," terang Edi Sakura.

Dengan aplikasi ini, BPK RI maupun Inspektorat dan pihak audit lainnya bisa lebih mudah mendapatkan data penggumaan dana BOS.

"Kita ingin penggunaan dana BOS ini transparan. Akuntabel dan terpercaya, sehingga dana BOS ini betul betul dinikmati masyarakat," tambahnya.

Secara gambaran umum, penggunaan e-BOS ini sudah disampaikan pihak Dinas Pendidikan Bengkalis keseluruh kepala sekolah di Bengkalis.

Rencana akan diluncurkan aplikasi disampaikan Kadisdik Bengkalis pada pertemuan dengan seluruh kepala SD dan SMP.

"Kita sudah sampaikan dengan kepala sekolah yang hadir pertemuan tadi pagi. Akan mulai disosialisasikan Senin ke sekolah masing masing," terangnya.

Menurut Edi Sakura, laporan penggunaan dana BOS yang digunakan sekolah memang harus dibuat sesuai dengan petunjuk teknis yang ada.

Karena ke depannya BPK RI sangat menyorot dana BOS ini.

Dengan aplikasi e-BOS ini, pihak Disdik berharap laporan akan lebih baik.

"Jadi kepala sekolah tidak kesulitan lagi menyusun laporan karena sudah sesuai petunjuk teknis yang ada," tutup Edi. (*)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved