Bawaslu Riau Minta APK di pangkalan Gas LPG Diturunkan, Ini Penjelasannya

Sebelumnya, keberadaan APK peserta pemilu ditempatkan di sejumlah pangkalan gas di kabupaten/Kota di Riau.

Bawaslu Riau Minta APK di pangkalan Gas LPG Diturunkan, Ini Penjelasannya
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau dibantu aparat Satpol PP Provinsi Riau dan petugas dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru menggelar penertiban alat peraga kampanye (APK) yang menggunakan billboard berbayar di Jalan Sudirman Pekanbaru, Senin (21/1/2019).  (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY) 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU-Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau Rusidi Rusdan mengatakan sebagian Alat Peraga Kampanye (APK) berbentuk baliho yang dipasang Caleg DPR RI di Pangkalan Gas di Kabupaten dan Kota di Riau sudah mulai diturunkan.

"Sudah mulai sebagian diturunkan teman-teman Bawaslu di Kabupaten/Kota," ujar Rusidi Rusdan kepada Tribun Jumat (1/2/2019).

Sebelumnya, keberadaan APK peserta pemilu ditempatkan di sejumlah pangkalan gas di kabupaten/Kota di Riau.

Bawaslu Kota Pekanbaru menemukan beberapa pangkalan gas LPG di Pekanbaru memajang APK tersebut. Bawaslu telah memeriksa pemilik pangkalan.

"Kami sudah langsung turun melakukan penelusuran, sesuai arahan sebelumnya dari Bawaslu Riau," ujar Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru Indra Khalid Nasution.

Menurut Indra Khalid Nasution dari pengakuan pihak pangkalan mengungkapkan jika APK yang berbentuk baliho itu didapat dari agen pemasok LPG ke pangkalan mereka.

"Kalau memang dari agen dan pangkalan yang bermain dan ikut menjadi tim, ya tidak ada masalah di sana," ujar Indra.

Sedangkan yang ditelusuri Bawaslu sebelumnya terkait keterlibatan pihak Pertamina dalam pemasangan baliho tersebut, jika memang ada temuannya di lapangan maka menurut Indra Khalid Nasution akan dinaikkan kasusnya.

"Cuma kan dari hasil penelusuran kami tidak ada ditemukan pelanggaran Pertamina disana, karena yang pasokan adalah agen, makanya tidak dinaikkan kasusnya," urainya.

Diketahui jika APK yang dipasang itu merupakan milik peserta pemilu Calon Anggota Legislatif (Caleg) untuk DPR RI dari Daerah pemilihan (Dapil) Riau 1.(*)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved