Rokan Hulu

Bandara Tuanku Tambusai Rohul Jadi Tempat Jungar Ratusan Personel Yonko 462 Paskhas AU Pekanbaru

Jungar Statik dan Free Fall Yonko 462 Paskhas AU‎ Pekanbaru tahun 2019 dengan tema Profesional, Militan, Inovatif, disaksikan ratusan masyarakat Rohul

Bandara Tuanku Tambusai Rohul Jadi Tempat Jungar Ratusan Personel Yonko 462 Paskhas AU Pekanbaru
Istimewa
Bandara Tuanku Tambusai Rohul Jadi Tempat Jungar Ratusan Personel Yonko 462 Paskhas AU Pekanbaru 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Bandara Tuanku Tambusai Pasirpangaraian, menjadi tempat latihan Penerjunan Penyegaran (Jungar) statik dan free fall yang diikuti ratusan personel Bataliyon Komando (Yonko) 362 Paskhas TNI Angkatan Udara (AU) Pekanbaru, pada Minggu (3/2/2019).‎

Jungar Statik dan Free Fall Yonko 462 Paskhas AU‎ Pekanbaru tahun 2019 dengan tema Profesional, Militan, Inovatif, disaksikan ratusan masyarakat Rohul.

Latihan tersebut juga disaksikan secara langsung oleh Dankorpaskhas Marsda TNI Eris Widodo Y.SE, M,tr (Han), diwakili‎ Kepala Seksi Evaluasi Keselamatan Kerja Mako TNI AU Korps Parkhas Bandung Letkol Pas Khairul Arifin.

Baca: Dua Warga di Riau Meninggal Akibat DBD, Pemprov Riau Minta Diskes Kabupaten dan Kota Bekerja Ekstra

Latihan personel Yonko 362 Paskhas AU Pekanbaru turut disaksikan Bupati Rohul H. Sukiman, Sekretaris Daerah Rohul H. Abdul Haris Lubis S.Sos, M.Si, Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Hj. Peni Herawati, para pejabat di Lingkungan Pemkab Rohul, sejumlah Camat, serta ribuan masyarakat.

Kasi Evaluasi Keselamatan Kerja Mako TNI AU Korps Parkhas Bandung, Letkol Pas K. Arifin, mengatakan Jungar merupakan latihan penyegaran digelar satu tahun sekali TNI AU, merefresh kemampuan anggota.

"Jangan kita prajurit sudah dibiayai oleh rakyat, gaji kita dari rakyat, Alutsista kita dari rakyat tapi mereka tidak profesional. Disinilah kita dapat melihat keprofesionalan mereka (prajurit TNI AU), terjun dengan berani, terjun dengan menerima risiko‎, dengan apa yang telah dijanjikan kepada mereka untuk menjaga NKRI ini," tambahnya.

Bupati rohul beri selamat kepada personel yang telah berhasil mendarat dengan selamat di latihan terjun payung
Bupati rohul beri selamat kepada personel yang telah berhasil mendarat dengan selamat di latihan terjun payung (Istimewa)

Arifin menerangkan, sebanyak 369 personel Paskhas TNI AU Pekanbaru hanya satu hari untuk terjun siang dengan tiga sorte‎ dimulai Sabtu pagi. Setiap sorte dibagi tiga run (penerjunan). Setelah terjun siang di Bandara Tuanku Tambusai, Senin malam besok (4/2/2019‎), 369 personel akan melanjutkan terjun malam di Kota Pekanbaru.

"Sehingga prajurit TNI, khususnya 462 Paskhas menyandang gelar komando, siap melaksanakan tugas sampai kemanapun untuk menjaga NKRI, sejengkal tanah pun tidak ada yang dikuasai oleh rakyat asing," tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskanya, tujuan dari penerjunan Jungar statik dan free fall, ini adalah untuk melatih prajurit TNI AU bagaimana memasuki daerah musuh dari udara‎ bila dari jalur darat atau laut terkendala.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved