Bengkalis

Tiga Bulan Luncurkan Aplikasi Si BEBEN, Penggunaan Aplikasi di dominasi Pelayanan Pengurusan SKCK

Polres Bengkalis terus berbenah diri dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat Bengkalis.

Tiga Bulan Luncurkan Aplikasi Si BEBEN, Penggunaan Aplikasi di dominasi Pelayanan Pengurusan SKCK
Istimewa
Aplikasi Si BEBEN untuk memudahkan pelayanan Kepolisian di Polres Bengkalis 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Polres Bengkalis terus berbenah diri dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat Bengkalis.

Satu diantaranya pembenahan diri dilakukan Polres Bengkalis dengan meluncurkann aplikasi si BEBEN sejak November 2018 lalu.

Aplikasi Si BEBEN ini merupakan Sistem Informasi Bengkalis Berbasis Online (Si BEBEN). Dimana aplikasi berbasis android ini memberikan kemudahan kepada masyarakat terkait pelayanan Kepolisian di Polres Bengkalis.

Diantaranya pelayanan yang dapat dilayanani dengan aplikasi ini seperti pelayanan pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) online, Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) online dan Pelaporan serta juga sistem pelayanan lalu lintas.

Baca: Siapkan dari Sekarang, Ini Kado Valentine Kekinian yang Gampang Dicari dan Berkesan, Cocok Buat Doi

Hal ini diungkap Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto, Minggu (3/1) menjelang siang. Selain pelayanan tadi juga ada pelayanan Panic Botton yang artinya apabila ada peristiwa atau kejadian di lapangan yang memerlukan bantuan pihak kepolisian masyarakat tinggal klik Panic botton yang ada diaplikasi, maka petugas Kepolisian akan terima sinyal dari lokasi kejadian.

Kemudian selain mengetahui langsung lokasi, juga pihak kepolisian akan mengetahui siapa dan nomor si penghubung. Dengan informasi panik Botton ini petugas piket bisa langsung kelokasi peristiwa.

"Jadi panic botton ini tidak bisa digunakan sembarangan apalagi untuk main main, karena nomor pemenakn panic batton ini sudah terekam diaplikasi memudahkan petugas untuk menemukannya," jelas Kapolres.

Menurut Kapolres sejak diluncurkan sekitar tiga bulan lalu, penggunaan pelayanan aplikasi Si BEBEN ini sudah digunakan masyarakat. Namun memang belum begitu banyak dan maksimal.

"Rata rata masyarakat yang menggunakan aplikasi ini banyak untuk pelayanan pengurusan SKCK online," terang Kapolres.

Menurut dia, penggunaan aplikasi ini memang masih terbatas untuk masyarakat yang mempunyai telpon genggam yang berbasis andoroid.

Baca: Pekanbaru akan Gelar HBKB di Malam Hari, Bakal Diluncurkan dalam Waktu Dekat

Namun pihaknya terus melakukan upaya sosialisasi maksimal agar masyarakat tau dan mau menggunakan aplikasi ini.

"Kalau sosialisasi terus kita lakukan, dimana kita sebar spanduk spanduk di beberapa titik jalan agar masyarakat yang mempunyai android bisa mendownload. Sehingga penggunaannya bisa maksimal," tambah Kapolres. (*)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved