Rokan Hulu

Hutan Kota Pasir Pangaraian Masih Ditata dan Dibenahi

Dinas Perkim Rohul, tahun ini lanjutkan penataan dan mengembangkan ruang terbuka hijau yang lokasinya berada di Hutan Kota Pasirpangraian

Hutan Kota Pasir Pangaraian Masih Ditata dan Dibenahi
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Hutan Kota Pasir Pangaraian 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIR PANGARAIAN - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Pemkab Rohul) melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Rohul, tahun ini lanjutkan penataan dan mengembangkan ruang terbuka hijau yang lokasinya berada di Hutan Kota Pasirpangraian seluas 7,2 hektar persisnya di belakang kantor Bupati Rohul.

Upaya menjaga hutan yang jadi paru paru kota, agar fasilitas yang sudah dibangun di ruang terbuka hijau itu tidak rusak, sehingga Kawasan Hutan Kota Pasir Pangaraian yang selama ini dikunjungi masyarakat untuk sementara ditutup bagi masyarakat umum.

Kepala Dinas Perkim Rohul, Zulkarnain ST MSi melalui Kabid Cipta Karya Dinas Perkim Rohul Hamdani ST mengaku, bahwa pembangunan RTH di Hutan Kota Pasirpangaraian dilakukan bertahap, dengan menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

Hamdani menerangkan, pembangunan RTH di hutan Kota Pasir Pangaraian dimulai tahun 2017 dengan mengucurkan anggaran sekitar Rp 1,7 miliar yakni untuk pembangunan pagar.

Baca: Hasil PSIS Semarang Vs Persibat Batang Piala Indonesia 2018, Gol Perdana Septian David Maulana

Kemudian, tambahnya, Tahun 2018 dilanjutkan pembangunan pemasangan paving blok untuk pejalan kaki, kandang burung, jembatan dan Selter dengan anggaran sekitar Rp800 juta.

Untuk tahun ini, jelasnya, Pemkab Rohul akan melanjutkan pembangunan dengan pembenahan dan mengembangkan Hutan Kota , nantinya sebagai tempat rekreasi, taman bermain dan edukasi serta sosial ekonomi.

Hamdani menerangkan, dalam APBD Rohul 2019, pihaknya sudah rencanakan anggaran sekitar Rp2 miliar untuk pembangunan fasilitas pagar pembatas dengan Kantor Bupati Rohul, kemudian pembuatan Resapan air, jogging track, dan pembuatan spot Selfi.

"Insya Allah tahun ini, pembangunannya tuntas dan dapat sudah difungsikan oleh seluruh masyarakat di Rohul untuk mengunjugi ruang terbuka hijau dijadikan tempat rekreasi,taman bermain anak dan keluarga, olahraga sekaligus objek wisata yang menarik pengunjung luar daerah ke Rohul," katanya.



Kerena, dengan tertata dengan baiknya Hutan Kota Pasir Pangaraian selain wisatawan mengunjuungi wisata religi ke Islamic Center Pasir Pangaraian bisa diarahkan meninjau kawasan hutan kota pasir Pengaraan, untuk rileks dan bersantai bersama keluarga. Selain itu kedepannya, fungsinya tetap terjaga untuk menciptakan udara berkualitas bagi masyarakat dengan kawasan ruang terbuka hijau.

"Keberadaan hutan kota juga sebagai paru-paru kota Pasir Pangaraian, yang berada di Kompleks Perkantoran Pemda Rohul, dengan tujuan untuk menjaga agar kawasan dan lingkungan Pasirpengaraian tetap berada dalam kondisi yang asri dan sejuk," katanya, Selasa (5/2/2019).

Diakuinya, keberadaan hutan kota akan menjadi pelestarian tanaman langka seperti Kayu Pulai, mahoni, Sungkai, Matoa, serta tanaman buah-buahan seperti manggis, rambutan, mangga, sukun, nangka mini varietas Pasir Pangaraian, serta jenis lainnya.

Baca: Rafathar Akhirnya Bertemu Cucu Presiden Jokowi Jan Ethes, Lihat Ekspresinya

Diterangkanya, Hutan Kota Pasir Pangaraian kedepannya menjadi sarana edukasi. Pihaknya sudah bekerjasama dengan Jurusan Biologi Universitas Pasir Pangaraian, dalam rangka mengindetenfikasi vegatasi tumbuhan dan menghitung cadangan karbon di Hutan kota ini dengan adanya tanaman langka khas Rohul.

"Ruang terbuka hijau Rohul bukan saja di Hutan Kota Pasir Pangarian, namun kita juga mengembangkan 3 ruang terbuka hijau yang berada di Komplek Perkantoran Pemda Bina Praja Rohul, seperti RTH di belakang Kantor BPKAD, Rumah Dinas Wakil Bupati Rohul, Belakang kantor dinas PPUR dan Dinas Pariwisata Rohul," pungkasnya. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved