Pekanbaru

Modal Awal Rp 94.500 Pada 31 Tahun Lalu, Koperasi ini Tumbuh dengan Aset Rp 6,9 Milyar

Ternyata keberhasilan yang dicapainya tidak semudah membalikan telapak tangan.

Modal Awal Rp 94.500 Pada 31 Tahun Lalu, Koperasi ini Tumbuh dengan Aset Rp 6,9 Milyar
Istimewa
KSU Rejosari Pekanbaru menggelar syukuran di Kantornya, Pekanbaru, Selasa (5/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Theo Rizky

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kerja keras mewujudkan koperasi sehat berbuah manis.

Dimulai dari modal awal Rp 94.500, kini Koperasi Serba Usaha (KSU) Rejosari sudah memiliki total aset mencapai Rp 6,9 milyar dengan volume pinjaman berjumlah Rp 11 milyar lebih.

Hal ini disampaikan saat Rapat Anggota Tahunan ( RAT ) tahun buku yang berakhir 31 desember 2018, Selasa (5/2/2019) di Kantor KSU Rejosari Pekanbaru.

Dengan rincian, simpanan pokok Rp 5 ribu, simpanan wajib Rp 250, total modal awal Rp 94.500 dengan pinjaman yang diberikan maksimal Rp 20 ribu.

Koperasi KSU Rejosari didirikan tanggal 12 april 1988 dengan jumlah anggota 18 orang.

Baca: Vicky Prasetyo Gandeng Mahasiswi, Anggia Chan: Buat Aku, Dia Dunia dan Akhirat Balance!

Sekarang di usia 31 tahun telah memiliki total asset Rp. 6.9 M, dan 2 bidang tanah dan 1 buah gedung yang dibangun dengan dana hibah dari Sisa Hasil Usaha (SHU) Anggota.

Saat ini jumlah anggota koperasi KSU Rejosari berjumlah 320 Orang, dengan simpanan wajib Rp 10 ribu dan pinjaman maksimal 250 juta dengan NPL 1 persen.

Menurut ketua koperasi KSU Rejosari, Elwi Spd mengatakan bahwa keberhasilan yang dicapai tidak semudah membalikan telapak tangan.

"Dibutuhkan perjuangan yang luar biasa untuk membangun kepatuhan terhadap prinsip koperasi, melalui kebijakan berupa peraturan yang sudah kita mufakati menjadi komitmen yang harus ditaati oleh semua anggota. Seperti, kepatuhan terhadap keanggotaan dengan sistem penjamin anggota lama dengan tujuan menghindari resiko serta permodalan sistem simpanan khusus untuk menciptakan penguatan modal menuju koperasi mandiri," ujar Elwi.

Halaman
123
Penulis: TheoRizky
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved